2023 - SeptemberBerita TerbaruDokumentasiPj Walikota MalangPramukaSeptember 2023Wahyu Hidayat

Lepas Kontingen Jambore, Pj. Walikota Wahyu : Jadikan Pramuka Wadah Mencetak Generasi Muda Yang Tangguh dan Handal

Malang – Bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang, 65 peserta kontingen jambore daerah kwartir cabang Kota Malang resmi dilepas Pj. Walikota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM pada Jum’at siang (29/9). Jambore daerah 2023 sendiri sedianya akan dilaksanakan mulai tanggal 2 s/d 7 Oktober 2023 di bumi perkemahan Abilowo, Tuban.

Dalam sambutannya, Wahyu menitik beratkan pada peran Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter khususnya bagi generasi muda penerus bangsa dalam kerangka pembangunan manusia Indonesia, terlebih dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045 nanti.

Pj. Walikota Malang itu juga mengingatkan tentang bahaya disrupsi moral yang belakangan ini menyerang generasi muda. Untuk itulah dirinya menitipkan pesan kepada Pramuka untuk mampu menjadi filter menangkal setiap dampak negatif perkembangan digitalisasi salah satunya melalui kegiatan-kegiatan positif seperti jambore ini, Wahyu berharap nilai-nilai yang didapatkan saat mengikuti Jambore mampu menjadi bekal tumbuh kembang para peserta .

“Sebagai wadah pendidikan karakter, Pramuka memiliki sumbangsih besar mencetak generasi muda Indonesia yang berkualitas unggul. Pramuka terbukti mampu berkontribusi positif membentuk karakter generasi muda yang beriman, tangguh, cakap, mandiri dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Hal ini menjadi sebuah modal penting dalam kerangka besar sebagai upaya pembangunan manusia Indonesia menuju Indonesia emas tahun 2045 nanti,” ucap Wahyu.

“Terlebih berbagai tantangan seperti perkembangan digitalisasi , disrupsi moral, dan tantangan lain yang akan serta merta datang dan harus kita hadapi bersama. Dalam menghadapi tantangan ini, maka perlu bagi adik-adik sekalian untuk terus mengasah diri, memperkaya khasanah keilmuan dan terus menambah pengalaman sebagai bagian dari terapan pengetahuan sebelum benar-benar terjun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”.

“Untuk mengasah karakter-karakter positif ini tentu diperlukan sebuah pembelajaran setidaknya dalam lingkup terkecil bersama rekan-rekan Pramuka yang lain. Inilah esensi penting jambore, selain sebagai sarana meningkatkan kreatifitas, proses interaksi, komunikasi dan kolaborasi menjadi nilai yang perlu adik-adik sekalian pedomani. Prestasi tidak menjadi satu-satunya tujuan tetapi setiap proses yang adik-adik lalui itulah yang akan menjadi bekal tumbuh kembang adik-adik sekalian di masa depan,” Pesan nya.

Sebagai penutup sambutannya, Pj. Walikota Wahyu menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kwartir Cabang Kota Malang, para kakak-kakak pembina serta orang tua dan tak lupa dirinya juga berpesan kepada kontingen untuk menjaga nilai-nilai sportivitas dan membawa harum nama Kota Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *