Struktur Organisasi

 

Tugas Pokok

Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Malang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota
Malang Nomor 59 Tahun 2019 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Sekretariat Daerah.

Bagian Kesepuluh
Bagian Hubungan Masyarakat

Pasal 36

(1) Bagian Hubungan Masyarakat mempunyai tugas menyiapkan perumusan
kebijakan, mengoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan dan
evaluasi program kegiatan dan penyelenggaraan pembinaan teknis,
administrasi di bidang protokol, komunikasi pimpinan, dan dokumentasi
pimpinan.
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bagian
Hubungan Masyarakat menyelenggarakan fungsi:
a. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang protokol, komunikasi
pimpinan, dan dokumentasi pimpinan;
b. penyiapan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah
di bidang protokol, komunikasi pimpinan, dan dokumentasi pimpinan;
c. penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan
daerah terkait protokol, komunikasi pimpinan, dan dokumentasi
pimpinan;
d. pelaksanaan juru bicara Walikota dan Pemerintah Daerah;
e. pemberian informasi dan penjelasan kepada pihak-pihak terkait sesuai
dengan kebutuhan dan/atau atas arahan pimpinan;
f. penyiapan kegiatan pers dan media massa kegiatan Walikota dan Wakil
Walikota;
g. pelaksanaan monitoring dan evaluasi di bidang protokol, komunikasi
pimpinan, dan dokumentasi pimpinan;
h. pengelolaan administrasi umum meliputi penyusunan program,
ketatalaksanaan, ketatausahaan, keuangan, perlengkapan, kepustakaan
dan kearsipan;

i. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Bagian Hubungan
Masyarakat; dan
j. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai bidang
tugasnya.

Paragraf 1
Subbagian Protokol
Pasal 37

(1) Subbagian Protokol mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan dalam
rangka pelayanan keprotokolan pada penyelenggaraan acara dan tamu.
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Subbagian
Protokol menyelenggarakan fungsi:
a. perencanaan kegiatan dan anggaran Subbagian Protokol;
b. penyiapan bahan koordinasi gladi lapangan, dan mengatur tata tempat,
tata upacara dan tata penghormatan dalam acara resmi;
c. penyiapan bahan koordinasi layanan keprotokolan pimpinan daerah dalam
menghadiri acara resmi atau kedinasan;
d. penyiapan bahan koordinasi dan/atau fasilitasi keprotokolan;
e. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Subbagian Protokol;
dan
f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bagian sesuai bidang
tugasnya.

Paragraf 2

Subbagian Komunikasi Pimpinan

Pasal 38

(1) Subbagian Komunikasi Pimpinan mempunyai tugas penyusunan bahan
penyelenggaraan komunikasi Walikota dan Wakil Walikota serta melakukan
pengumpulan Informasi dan Media.
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Subbagian
Komunikasi Pimpinan menyelenggarakan fungsi:
a. perencanaan kegiatan dan anggaran Subbagian Komunikasi Pimpinan;

b. penyiapan bahan informasi yang berkaitan dengan kebijakan Pemerintah
Daerah;
c. penyiapan bahan informasi dan penjelasan kepada pihak-pihak terkait
sesuai dengan kebutuhan dan/atau atas arahan pimpinan;
d. penyiapan bahan informasi kepada publik terkait pernyataan resmi serta
kegiatan Walikota dan Wakil Walikota;
e. penyiapan bahan perumusan kerja sama dengan media massa dan/atau
organisasi media terkait kegiatan Walikota dan Wakil Walikota;
f. penyiapan bahan peliputan kegiatan Walikota, Wakil Walikota, dan
Perangkat Daerah;
g. penyiapan bahan penyusunan naskah sambutan Walikota dan Wakil
Walikota;
h. penyiapan bahan penyebarluasan informasi melalui penerbitan internal;
k. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Subbagian
Komunikasi Pimpinan; dan
i. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bagian sesuai bidang
tugasnya.

Paragraf 3

Subbagian Dokumentasi Pimpinan

Pasal 39

(1) Subbagian Dokumentasi Pimpinan mempunyai tugas melakukan pengumpulan
dan penyusunan bahan dalam rangka dokumentasi kegiatan Walikota dan
Wakil Walikota.
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Subbagian
Dokumentasi Pimpinan menyelenggarakan fungsi:
a. perencanaan kegiatan dan anggaran Subbagian Dokumentasi Pimpinan;
b. pengumpulan dan penyusunan dokumentasi usul, kritik, saran dan
pendapat masyarakat dan/atau organisasi kemasyarakatan yang
disampaikan melalui media massa;
c. pengumpulan dan penyusunan bahan dokumentasi kegiatan Walikota dan
Wakil Walikota;
d. pelaksanaan dokumentasi naskah sambutan Walikota dan Wakil Walikota
serta naskah siaran pers/release;

e. pendataan dan dokumentasi penghargaan Walikota dan/atau Pemerintah
Daerah;
f. penyimpanan dan pemeliharaan peralatan dan hasil dokumentasi;
g. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Subbagian
Dokumentasi Pimpinan; dan
j. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bagian sesuai dengan
tugasnya.