Berita TerbaruHeadline

Walikota Sutiaji Kuatkan RT/RW Tangguh, Tuai Apresiasi dari Kabaharkam Polri

Malang – Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji menerima kunjungan resmi Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Arief Sulistyanto beserta jajarannya, Selasa ini (27/7), bertempat di Balaikota Malang. Kunjungan ini dalam rangka Asistensi Pelaksanaan PPKM sekaligus meninjau pelaksanaan pengelolaan dan penanggulangan Covid-19 di Kota Malang. Kerja keras yang dilakukan oleh Walikota Sutiaji dengan didukung kolaborasi bersama jajaran Forkopimda Kota Malang dalam menangani pandemi tersebut menuai apresiasi dari Kabaharkam Polri.

Dalam menangani Covid-19, Walikota Sutiaji menerapkan penguatan RT/RW tangguh melalui PPKM Mikro. Penguatan ini mendapat acungan jempol dari Komjen Pol. Arief dan menurutnya gagasan Walikota Sutiaji ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain.

“Beliau ingin memotret PPKM Mikro, sepemahaman dengan kita, apapun jenis PPKM ke depan, justru penguatan ada di tingkat RT RW. Maka apa yang sudah kami lakukan ini akan direplika daerah-daerah lain,” ujar orang nomor satu di Kota Malang itu menanggapi.

Dalam paparannya, Walikota Sutiaji menyampaikan bahwa penguatan PPKM Mikro dimulai dari penguatan pilar kampung tangguh sebagai embrio substansi dari PPKM Mikro itu sendiri. Setidaknya ada enam pilar yang diterapkan dalam membangun kampung tangguh yang ditekankan oleh Walikota Sutiaji, diantaranya; Ketangguhan Pangan, Ketangguhan Kesehatan, Ketangguhan Ketertiban dan Keamanan, Ketangguhan Informasi, Psikologis, serta Ketangguhan Budaya.

Tidak berhenti di situ, Walikota Sutiaji juga menyampaikan bahwa penguatan PPKM Mikro tentunya diimbangi dengan penanganan level kota sehingga memberikan hasil yang optimal. “Kami memperkuat penanganan semua aspek terdampak secara sinergi, humanis, aspiratif, dan tetap disiplin,” papar Walikota Sutiaji.

Usai melakukan pemaparan, Walikota Sutiaji bersama Komjen Pol. Arief melakukan dialog singkat secara virtual dengan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi. Dan dilanjutkan dengan meninjau langsung Rumah Isolasi Safe House Kawi serta melihat penerapan PPKM Mikro sekaligus RT/RW tangguh di Kelurahan Karang Besuki.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, Dirut PT Jasa Raharja, Rivan A Purwantoro, Komandan Korem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf. Irwan Subekti, Kapolresta Malang Kota, AKBP Bhudi Hermanto, Komandan Kodim 0833, Letkol Arm. Ferdian Primadhona, Serta hadir mendampingi Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, dan jajaran terkait lainnya.

Apa yang telah diterapkan oleh Walikota Sutiaji tersebut menuai apresiasi dari Kabaharkam Polri. “Tadi Pak Walikota sudah menyamapaikan langkah-langkah yang sudah dilakukan. Dan saya katakan luar biasa, Walikota Malang dan jajaran Forkopimda sangat kolaboratif membangun sinergitas untuk menyelamatkan warga masyarakat dari pandemi Covid-19 ini,” ujar Komjen Pol. Arief mengapresiasi.

Terakhir, dalam rangkaian kegiatan yang sama, Walikota Sutiaji bersama Kabaharkam, Komjen Pol. Arief, dan Wakapolda Jawa Timur, menyerahkan bantuan untuk masyarakat Kota Malang yang terdampak Covid-19. (sfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *