Berita TerbaruHeadline

Meningkat, Kota Malang Berhasil Raih Kota Layak Anak Kategori Nindya

Malang – Kota Malang patut berbangga, pasalnya Pemerintah Kota Malang kembali meraih Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Dalam Penghargaan KLA Tahun 2021 ini, yang lebih membanggakan adalah Kota Malang sukses menaikkan status peringkat Kota Layak Anak dengan memperoleh Kategori Nindya, setelah empat tahun berturut-turut berhasil mempertahankan Penghargaan KLA di Kategori Madya.

Gelaran pada Kamis (29/7) ini dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh seluruh Kota dan Kabupaten se-Indonesia. Hadir secara virtual di Ngalam Command Center, Balaikota Malang dalam pemberiaan penghargaan tersebut, Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji.

Nampak mendampingi, Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Kepala Dinas Sosial P3AP2KB, Penny Indriani, serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Malang, Dwi Rahayu.

Walikota Sutiaji mengatakan bahwa torehan prestasi ini merupakan buah dari komitmen pemerintah untuk terus memenuhi hak anak di berbagai bidang dalam rangka mewujudkan Kota Malang sebagai Kota Layak Anak. Ini sekaligus menunjukkan keseriusan Pemerintah Kota Malang dalam mewujudkan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

“Ini menjadi komitmen kami dalam mewujudkan Kota Malang sebagai Kota Layak Anak. Jika tahun ini berhasil memperoleh predikat Nindya, ke depan prestasi ini harus terus ditingkatkan dan naik menjadi level utama, serta berujung menjadi Kota Layak Anak,” urainya.

Setidaknya ada lima pengelompokan kategori yang diberikan dalam Penghargaan Kota/Kabupaten Layak Anak. Antara lain; Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan terakhir Kota Layak Anak.

Walikota Sutiaji, mengatakan bahwa pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak menjadi bagian tak terpisahkan dari pencapaian visi dan misi pembangunan. Ini sekaligus mendukung program Pemerintah Pusat dalam mewujudkan Indonesia Layak Anak 2030.

“Kami akan terus berupaya memajukan dan menguatkan pembangunan kota layak anak, dan tentu ini selaras dengan apa yang dicanangkan pemerintah pusat; Indoensia Layak Anak pada tahun 2030,” terangnya.

Terakhir, kinerja Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang, Bappeda Kota Malang, dan segenap organisasi perangkat daerah dan pihak yang terlibat turut menjadi perhatian dan diapresiasi orang nomor satu di Kota Malang tersebut. “Kedepan harus terus ditingkatkan untuk mengukir prestasi di Kota Malang,” tandasnya. (sfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *