Gubernur Khofifah Kunjungi Gereka Katedral Malang, Ini Tanggapan Walikota Sutiaji

Malang – Kunjungan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Forkopimda Jatim ke Gereja Katedral Malang pada hari Jumat (2/4) membuat Walikota Malang, H. Sutiaji mengucap syukur. Menurut Walikota Sutiaji, hal tersebut dilakukan dalam rangka memastikan perayaan paskah di Kota Malang berjalan aman dan kondusif.

“Hari ini, Ibu Gubernur mengunjungi gereja katedral di Surabaya dan Malang; saya patut merasa bangga dan mengucapkan terima kasih atas perhatian ibu gubernur serta jajaran Forkopimda Jawa Timur yang cukup intens memantau kondusifitas di Kota Malang; saya bersyukur Kota Malang menjadi kota yang sangat diperhatikan” ujar Walikota Sutiaji.

Pemerintah Kota Malang, lanjutnya, bersama Forkopimda Kota Malang juga akan terus memastikan serta memberi jaminan kondusifitas selama perayaan Paskah. Sehingga masyarakat Kota Malang yang sedang beribadah tidak perlu resah.

Gubernur Khofifah menyatakan bahwa beberapa aksi terorisme yang terjadi di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan dan Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta beberapa waktu lalu tidak perlu dikaitkan dengan kegiatan keagamaan di Jawa Timur. Bahkan, pihaknya menegaskan, apapun alasannya, aksi terorisme tidak dapat dibenarkan maupun ditoleransi.

Sejalan dengan Gubernur Khofifah, Walikota Sutiaji juga meminta agar masyarakat yang ingin merayakan rangkaian ibadah Paskah di gereja tidak perlu takut dan khawatir. Hal ini dikarenakan aparat keamanan baik TNI/Polri telah memaksimalkan upaya pengamanan gereja-gereja yang ada.

Walikota Sutiaji juga berpesan bahwa meski masih di masa pandemi, perayaan Paskah kali ini diharapkan tetap berjalan dengan tenang dan tidak mengurangi kekhidmatan dalam beribadah. Apalagi, sebagian besar gereja telah menyediakan fasilitas misa secara virtual yakni lewat live streaming. Disamping itu, jemaah yang hadir pun juga sangat dibatasi.

Bersama Kapolda Jatim Irjen Pol. Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto dan Walikota Sutiaji; Gubernur Khofifah meninjau langsung ruangan tempat ibadah di Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel di Jl. Buring No. 6 tersebut. Nampak hadir mendampingi pula Uskup Henricus Pidyarto.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah turut menyerahkan bantuan kepada Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel Malang. Diantaranya, berupa masker kain, Face Shield, pakaian hazmat, sarung tangan karet /latex (pendek), Hand Sanitizer, Kaca Mata/Safety Goggles, dan Vitamin C. Selanjutnya, paket sembako, disinfektan, sepatu boot/ karet, dan Rapid Antigen. (Ts/Sfr)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment