Berita TerbaruHeadline

Ratusan Kepala Sekolah se Kota Malang Tanda Tangani Pakta Integritas

Malang – Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Malang kawasan jalan Veteran No. 19 ratusan kepala sekolah jenjang SD Negeri dan Kepala Sekolah jenjang SMP Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang menanda tangani Pakta Integritas. Kegiatan yang diselenggarakan pada Selasa, 26 Nopember 2019 itupun menghadirkan Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM dan Sekretaris Dinas Drs. Totok Kasianto.

Kehadiran Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH inipun sekaligus didapuk sebagai Narasumber /Keynote Speaker berkaitan Pelaksanaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dalam Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan keuangan.

Dalam laporannya, penanggung jawab kegiatan yang juga merupakan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto mengatakan bahwasannya kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan implementasi dari komitment keluarga besar Dinas pendidikan Kota Malang untuk turut serta berpartisipasi aktif mewujudkan Malang Kota Berintegritas yang dicanangkan oleh Walikota Malang Drs. H. Sutiaji bersama dengan Wakil Walikota Malang Drs. Sofyan Edi Jarwoko.

“ Pendidikan karakter terus digalakkan demi mewujudkan generasi penerus bangsa yang berintegritas. Berbagai program kerja yang didasarkan pada Kurikulum serta peraturan yang berlaku baik di tingkat pusat, propinsi hingga Kota Malang disusun dan dijalankan secara berkesinambunga. Pembiasaan pembentukan karakter religius, nasionalis, mandiri, integritas / kejujuran serta gotong royong senantiasa dilaksanakan disatuan pendidikan setiap harinya. Pada akhirnya, diharapkan melalui pembiasaan yang terus menerus ini, kematangan spiritual, kematangan intelektual, kematangan emosional serta kematangan social anak terbangun dengan kokoh. “ pungkas Drs. Totok Kasianto dalam laporannya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH dalam awal paparanya mengatakan dalam rangka Menuju Malang Kota Berintegritas, Pemerintahan Kota Malang menghadapi tantangan besar yakni membangun kembali jembatan kepercayaan dengan masyarakat. Perbaikan tata kelola dan kinerja layanan publik yang makin menuju kepuasan masyarakat melalui birokrasi yang bersih, kompeten akuntabel dan berjiwa melayani adalah tulang punggung mewujudkan visi Kota Malang Bermartabat.

“ Malang 4.0 menjadi sebuah keharusan untuk di implementasikan sesuai dengan perkembangan , kemajuan dan dinamisme Teknologi Informasi dan Komunikasi. Setiap pelayanan publik yang diberikan oleh Satuan Perangkat Daerah (SKPD) kepada masyarakat terintegrasi dalam jaringan atau berbasis online sebagai bentuk perwujudan Konsep Smart City. Tidak terkecuali di sector pendidikan, dimana pendidikan ditempatkan di urutan nomor satu visi Kota Malang seperti yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kota Malang No. 1 Tahun 2019. Pelayanan administrasi, tata kelola sarana prasarana, tata kelola keuangan dan tata kelola Sumber Daya Manusia berbasis aplikasi. Dan beberapa diantaranya telah dijalankan melalui berbagai aplikasi yang dikelola serta dikembangkan oleh SKPD terkait dengan Dinas Pendidikan Kota Malang. “ tutur Wasto.

Usai memberikan paparannya, secara simbolis tiga orang kepala sekolah yang terdiri atas Kepala SDN Klojen Drs. Samsul Ma’arif, MM, Kepala SMP Negeri 5 Malang Drs. Burhanuddin, M.Pd dan kepala SDN Bumiayu 3 Malang, Drs. Heri Sunardi, M.Pd membubuhkan tanda tangan pakta integritas di ikuti ratusan Kepala Sekolah jenjang SDN Negeri se Kecamatan Klojen dan kedungkandang beserta puluhan Kepala Sekolah Jenjang SMP Negeri se Kota Malang.

Mengingat terbatasnya daya tampung aula utama Dinas Pendidikan Kota Malang, kegiatan penanda tanganan pakta integritas inipun dibagi dalam dua sessi. Usai sessi pertama yang diikuti oleh ratusan Kepala Sekolah jenjang SDN Negeri se Kecamatan Klojen dan kedungkandang beserta puluhan Kepala Sekolah Jenjang SMP Negeri se Kota Malang. Pada sessi kedua giliran Kepala Sekolah jenjang SDN Negeri se Kecamatan Lowokwaru, Kecamatan Sukun dan Kecamatan Blimbing.

Pada sessi kedua penanda tangan pakta integritas ini, dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM didampingi Kepala Sub Bagian Perencanaan Heny Rachmaniar, S.P., MM. Dalam arahannya, wanita berhijab yang pernah memimpin Dinas Perpustakaan dan Dinas Sosial itupun mengingatkan pada ratusan kepala sekolah di tiga kecamatan tidak hanya sekedar menanda tangani pakta integritas semata.

“ Pakta integritas yang bapak ibu tanda tangani saat ini wajib dijalankan dalam mengelola satuan pendidikan yang anda pimpin sekalian. Dengan melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme merupakan wujud nyata dari pakta integrita ini. Jadi tidak hanya sekedar gebyar semata, namun dilapangan tidak menjalankan dengan sebaik – baiknya. Susun, rencanakan, belanjakan dan laporkan penggunaan Dana BOS Nasional maupun Dana BOS Daerah dengan baik, benar dan tepat serta melibatkan partisipasi aktif warga sekolah, tidak terkecuali Komite sekolah maupun orangtua siswa. “ tutur Dra. Zubaidah, MM dalam arahannya.

Zubaidah menambahkan, bahwa dirinya tidak bosan – bosannya mengingatkan agar kepala sekolah beserta insan pendidikan di Kota Malang untuk transparan, akuntabel, efisien, efektif, tepat perencanaan, tepat pembelanjaan dan tepat pelaporan dalam tata kelola dana BOS. Zubaidah juga menghimbau agar jalinan komunikasi antara guru, tenaga kependidikan, komite sekolah dan orang tua siswa senantiasa ditingkatkan agar terbentuk hubungan yang harmonis, sehingga meminimalisir adanya kesalahpahaman.

Kegiatan ditutup dengan prosesi penanda tanganan oleh Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) kecamatan Sukun Drs. Djaka Purwaka, M.Pd, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) kecamatan Lowokwaru Drs. Edi Riyanto, M.Pd, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) kecamatan Blimbing Drs. Sochmad Tarmudji, M.Pd disaksikan secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah MM dan diikuti secara serentak oleh ratusan Kepala SDN tiga kecamatan. (fandi harianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *