Kunjungan Studi Tiru Pemkot Banjarmasin

Malang – Bertempat di Ruang Majapahit Balaikota Malang pada Rabu (24/7) telah dilaksanakan kunjungan studi tiru Pemerintah Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Kunjungan ini diterima langsung oleh Asisten Administrasi Umum, Drs. Nuzul Nurcahyono. Rombongan tamu yang berjumlah 39 orang ini dipimpin oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Banjarmasin Utara, H.A. Eddy Safariamsyah, S.TP .

Dalam sambutannya, Nuzul menyampaikan sekilas tentang Malang Raya yang terdiri atas Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Di sektor pariwisata, ketiga daerah ini saling bersinergi yaitu Kabupaten Malang dengan destinasi wisata alamnya, Kota Batu dengan destinasi wisata buatan dan agrobisnisnya serta kota Malang dengan wisata kuliner dan eventnya. Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur, Nuzul menyebutkan bahwa kota Malang adalah miniatur Indonesia karena banyak masyarakat luar daerah bahkan luar pulau yang bertempat tinggal di Kota Pendidikan ini sehingga penduduk Kota Malang sangat beraneka ragam. Selain itu, Nuzul berharap pada kunjungan kerja kali ini bisa menjadi pemacu untuk menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang lebih optimal. “Dengan melakukan berbagai terobosan atau inovasi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat antara lain pelayanan proses perijinan yang dilakukan oleh dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu kota malang melalui mobil pelayanan keliling yang siap jemput bola di berbagai tempat keramaian seperti alun-alun, terminal, mall, dan lainnya. Pelayanan perijinan kota malang telah menjadi program unggulan di sektor pelayanan publik. ” Ujar Nuzul.

Pemerintah kota malang terus berupaya untuk melakukan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik instansi pemerintah; dengan melakukan berbagai terobosan atau inovasi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat antara lain kelurahan dinoyo juga telah berhasil membuat aplikasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis android yang diberi nama “sakdino” (sistem pelayanan administrasi kependudukan kelurahan dinoyo). Dengan sistem ini, warga kelurahan dinoyo dan sawojajar yang telah melakukan perekaman e-ktp dapat mengakses pelayanan dengan menggunakan smart phone berbasis android, yang diharapkan dapat memberikan pelayanan administrasi kependudukan secara mudah, cepat, efektif, dan efisien. Begitu pula di kelurahan sawojajar, yang dikenal dengan singo (sistem pelayanan malang online), maupun di kelurahan tulusrejo.

Sementara pimpinan rombongan tamu, Eddy Safariamsyah mengucapkan rasa terimakasih atas diterimanya kunjungan Pemkot Banjarmasin di Kota Malang ini. “Dengan Kunjungan ini semoga saling bisa berdiskusi tukar informasi juga dan belajar dari pemerintah Kota Malang dan sebagai ajang silahturahmi juga dengan pemerintah Kota Malang.” Ujarnya (Ald)

 

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Juli 2019

Leave a Comment