Sarasehan Hari Koperasi Ke-72 Di Kota Malang

MALANG- Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Ke-72 digelar Sarasehan di Hotel Savana Kota Malang, Rabu (24/7). Sarasehan bertajuk sinergisme bisnis koperasi dan UMKM dengan pasar modern dalam rangka peningkatan kesejahteraan anggota masyarakat dihadiri oleh 300 orang dari koperasi dan UKM (Usaha Kecil Mikro) di wilayah kota malang.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Plt. Kepala Dinas Koperasi Kota Malang Dra. Tri Widyani Pangastuti. M.Si. menyampaikan hasil ODS (Online Data System) dari Kementrian, bahwa Kota Malang menduduki rangking ke-3. Koperasi di Kota Malang dalam jangka waktu 3 tahun kedepan sudah harus dinyatakan sehat. “Semua ini berkat kerjasama dalam gerakan koperasi, dari data yang saya dapat jumlah pengikuti RAT sudah sekitar 200 Koperasi, sangat berbeda dengan tahun lalu” ujarnya.

Walikota Sutiaji dalam Sarasehan ini menyampaikan bahwa saat ini pemerintah giat dalam mereformasi total koperasi. Ada tiga langkah yang dilakukan yaitu reorientasi koperasi, rehabilitasi koperasi dan pengembangan koperasi. Salah satunya reorientasi koperasi dengan pembubaran koperasi yang tidak aktif.

”Untuk rehabilitasi koperasi sendiri, pemerintah melakukan perbaikan database koperasi. Sedangkan untuk pengembangannya, yakni meningkatkan kapasitas koperasi sebagai badan usaha berbasis anggota yang sehat, kuat, mandiri dan tangguh serta setara dengan badan usaha lainnya melalui regulasi yang kondusif, perkuatan sumber daya manusia, kelembagaan, pembiayaan, pemasaran dan pemanfaatan teknologi” Ujar Sutiaji.

Dalam acara ini, Walikota Malang memberi penghargaan kepada Koperasi-koperasi berprestasi. Kedepan koperasi harus menjadi suksesor dari kegiatan UKM, yang berarti bahwa setiap UKM harus memiliki basis koperasi sebagai sarana penopang pendanaan sehingga dapat lebih kuat dan mandiri.(Dnd)

 

                             

Posted in: Dokumentasi

Leave a Comment