Sutiaji Resmikan Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Online: Murah, Cepat, dan Aman

Indonesia memiliki kekayaan berupa SDM maupun SDA yang melimpah. Hal tersebut merupakan suatu peluang emas untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan berupa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan adanya kreatifitas masyarakat dan dengan didukung oleh kecanggihan teknologi hal tersebut yang menjadikan Indonesia memiliki kekuatan terbesar e-commerce nantinya pada tahun 2020.

Dengan semakin berkembangnya UMKM berbasis online maka diadakannya forum sosialisasi belanja dan jualan online: murah, cepat, dan aman yang bertempat di Aula Pertamina Politeknik Negeri Malang pada (11/10).

Forum sosialisasi tersebut terlaksana atas kerjasama Pemerintah Kota Malang yang dalam hal ini melalui Dinas Kominfo serta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Bukalapak, dan 24 Komunitas UMKM Kota Malang.

Turut hadir dalam membuka acara Walikota Malang Drs. H Sutiaji, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang Dra. Tri Widyani P, M.Si, serta Direktur Polinema Drs. Awan Setiawan M.M.

Dalam sambutannya Walikota Malang menyatakan sangat mendukung perkembangan UMKM di Kota Malang dengan cara akan dibuatnya Mall UMKM. “Penyangga dari bangsa ini dimulai dari ekonomi kerakyatan yang berbasis rakyat. Dengan adanya Dinas Koperasi dan Usaha Mikro saya berharap dapat membina UMKM di Kota Malang yang nantinya mampu berkembang dan bersaing. Saya ingin Malang menjadi Kota UMKM” tuturnya. Sutiaji juga akan segera menindak lanjuti rencana tersebut dengan diadakannya rapat bersama tim TPID yang akan membahas percepatan akses keuangan Daerah. “ Tidak ada alasan UMKM tidak maju karena terhalang modal, karena adanya UU Tahun 2016 tentang Penjaminan dan Jamkrida dengan catatan Perguruan Tinggi akan melakukan pemdampingan yang dalam hal ini khususnya untuk bidang produksi, akuntansi, dan pemasaran” imbuh Sutiaji.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang Tri Widyani memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan sinergitas antara Kementrian dan Daerah yang sekaligus dengan Perguruan Tinggi dan Komunitas UMKM Kota Malang dalam rangka pemberian pendampingan bagi UMKM yang mana dari program kerja Pemerintah Kota Malang ingin memberikan kesempatan UMKM mempromosikan produknya. “Kita harus terus bersinergi dan mengembangkan networking dari berbagai pihak salah satunya dengan ajang ini sinergi antar Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dengan Dinas Kominfo yang peduli terhadap perkembangan UMKM Kota Malang” ujarnya.

Sebagai bentuk dukungannya terhadap UMKM Kota Malang, Dinas Kominfo turut mendukung dengan mengundang market place terbesar di Indonesia yaitu Bukalapak.

Forum sosialisasi dilanjutkan dengan sharing session dari Dias Satria yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya sekaligus founder UMKM Jagoan dan Andre Uno perwakilan komunitas Bukalapak Malang.(Vd)

 

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment