Pemkot Malang Terima Kunjungan Kerja Bupati dan Sekda Kabupaten Sorong

Malang – Dengan banyaknya pemberitaan terkait suksesnya pengelolaan sampah di Kota Malang, ternyata cukup banyak menarik minta Pemerintah Kabupaten / Kota lainnya untuk berkunjung dan melakukan studi tiru ke Kota Malang.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Kabupaten Sorong yang pada hari Rabu (7/3) melaksanakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Malang. Dengan dipimpin langsung oleh Bupati Sorong, Dr. Johni Kamuru, SH, M.Si dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong, Ir. Moch. Said Noer, M.Si; rombongan tamu di terima secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Drs. Supriyadi, M.Pd serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, Agoes Edy Poetranto.

Dalam sambutannya, Supriyadi menjelaskan gambaran umum kondisi geografis Kota Malang beserta karakteristik penduduknya. Supriyadi juga menggambarkan bagaimana pengelolaan sampah dan lingkungan hidup yang selama ini dilakukan Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Lingkungan Hidup.

“Salah satu kebanggaan yang kami miliki adalah kesadaran dan kepedulian masyarakat Kota Malang dalam rangka menjaga lingkungan dan pola membuang sampah yang baik dan benar” jelas Supriyadi.

Keberadaan Bank Sampah, lanjut Supriyadi juga turut memberikan peran positif terhadap perkembangan pengelolaan sampah di Kota Malang.

Agoes Edy Poetranto juga menambahkan bahwa Kota Malang tidak saja mengelola sampah dengan mengumpulkan dan membawanya dari TPS yang ada ke TPA Supiturang, namun juga menerapkan sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) yang pada muaranya dapat memberikan nilai ekonomis bagi sampah yang ada.

“Mengolah sampah menjadi kompos merupakan salah satu solusi yang dapat kita laksanakan untuk memberikan nilai manfaat bagi sampah” ujar Agoes Edy.

Sementara itu, Bupati Johni Kamuru menyampaikan bahwa kedatangannya ke Kota Malang adalah dalam rangka melakukan studi tiru terkait pengelolaan sampah dan lingkungan hidup yang telah dilaksanakan oleh Pemkot Malang. “Kami berharap program dan kegiatan serta kebijakan yang dimiliki oleh Kota Malang dapat kami implementasikan juga di kabupaten sorong, tentunya dengan menyesuaikan situasi kondisi demografis yang ada di sana” tukas Johni.

Setelah penerimaan di Balaikota Malang, rombongan tamu berangkat ke TPA Supiturang untuk melakukan tinjauan lokasi. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment