Kunjungan Benchmarking Diklat Kepemimpinan Pemerintah Kabupaten Sinjai

Malang ─ Pada Rabu (7/3) bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang, Kepala BKD Kota Malang, Dra. Anita Sukmawati menerima Kunjungan Benchmarking Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan CCCII Pemerintah Kabupaten Sinjai. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Kabupaten Sinjai, Kepala OPD beserta anggota rombongan Pemerintah Kabupaten Sinjai yang berjumlah sekitar 40 orang.

Dalam sambutannya, Dra. Anita Sukmawati selaku Kepala BKD Kota Malang mengucapkan selamat datang kepada para peserta diklat dan juga berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadikan Kota Malang sebagai tujuan dari kegiatan ini.

Selanjutnya sambutan dari Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Sinjai, Drs. H. Akmal Muin, menyampaikan harapannya agar Pemerintah Kabupaten Sinjai dapat mengadopsi dari OPD Kota Malang untuk mengembangkannya serta meningkatkan SDM di Kabupaten Sinjai.

Pemaparan mengenai Inovasi Pelayanan Administrasi Dukcapil yang berisi tentang profil Dispendukcapil Kota Malang serta program­program yang telah terlaksana di Kota Malang. Sementara itu, terkait dengan pelayanan kependudukan, dispendukcapil kota malang, telah mengembangkan informasi pelayanan dalam satu sistem informasi berbasis teknologi melalui website : www//:malangkota.go.id, terkait dengan pengurusan kk, ktp akte kelahiran secara gratis; serta menciptakan sebuah inovasi pelayanan publik ”GAMPIL” (gesit, aktif, merakyatnya dispendukcapil). Inovasi ini telah mendapatkan penghargaan sebagai 9 kategori terbaik dalam kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur Tahun 2016.

Pengelolaan administrasi kepegawaian yang terkoordinasi perlu memiliki sistem pengendalian, baik dalam pelaporan maupun pengelolaan file kepegawaian disesuaikan kebutuhan dari masing-masing organisasi dan ASN itu sendiri. Pengelolaan administrasi kepegawaian meliputi kegiatan penanganan pegawai sejak seseorang diangkat menjadi CPNS sampai saat ia diberhentikan karena mencapai batas usia pensiun atau karena sebab-sebab lainnya. Disamping itu administrasi kepegawaian mencakup pola kegiatan penanganan data kepegawaian yaitu pengumpulan, pencatatan, penyimpanan dan pemeliharaan file-file kepegawaian. Pengelolaan administrasi kepegawaian yang efektif dan efisien akan sangat membantu terciptanya pegawai negeri sipil yang tertib, teratur dan terarah serta memiliki produktivitas dan profesionalisme yang tinggi.

Untuk itu, Pemerintah Kota Malang melalui Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang terus berupaya memberikan layanan informasi kepada para Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kota Malang, dalam upaya mempermudah dan memperlancar pelaksanaan pelayanan kepegawaian baik dari segi ketepatan waktu maupun kepastian penyelesaiannya.

Sekaligus memperbaiki sistem informasi kepegawaian yang dilaksanakan secara manual menjadi secara online sehingga mudah diakses, menyederhanakan system manual, mengurangi waktu tatap muka, menghilangkan ketidakpastian, dan kemudahan lainnya. Apalagi di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini yang semuanya dituntut cepat dan tepat, diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi kualitas layanan bagi pegawai yang muaranya juga berimbas pada peningkatan layanan kepada masyarakat.

Tentu semua itu dilakukan dalam rangka mendukung Pelayanan Publik yang prima. Acara dilanjutkan dengan penukaran cinderamata. (shf)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment