Dinsos Kota Malang Terima Penghargaan dari Kementerian

Malang – Prestasi kembali ditorehkan Kota Malang. Kali ini Dinas Sosial (Dinsos) berhasil menerima penghargaan “Verifikasi dan Validasi Data” tingkat nasional dari Kementerian Sosial.

Penyerahan penghargaan itu dilakukan langsung oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa kepada Kepala Dinsos Kota Malang, Sri Wahyuningtyas dan disaksikan langsung Menteri Koordinasi Pembangunan dan Kebudayaan Manusia, Puan Maharani di Jakarta pada 24 Agustus dalam acara bertajuk “Rapat Koordinasi Sosial”.

Bersama Kota Malang, Kota Mojokerto juga mendapat penghargaan yang sama dalam hal verifikasi dan validasi data bagi masyarakat miskin di daerah. Tercatat di seluruh Indonesia, hanya dua kota itulah yang dianggap Kemensos sangat responsif dalam melakukan pendataan.

Kepala Dinsos, Sri Wahyuningtyas, mengatakan penghargaan ini dapat diraih karena Kota Malang dinilai Kementerian cepat tanggap dalam melakukan verifikasi dan validasi data masyarakat miskin.

Pasalnya, data yang valid akan berdampak luas terhadap pemberian bantuan yang selama ini digelontorkan oleh Kemensos baik itu Rasda ataupun bantuan yang lainnya.

“Validasi data ini cukup penting, karena itu saya seringkali mengingatkan kepada Kepala Bidang sampai staf agar terus lakukan verifikasi data masyarakat miskin,” kata wanita yang akrab disapa Yuyun itu.

Dinsos Kota Malang berharap, dengan adanya penghargaan ini kinerja validasi dan verifikasi akan terus digenjot sehingga data yang akurat terkait masyarakat miskin bisa diperoleh.

“Harapannya dengan data yang akurat, pemberian bantuan nanti bisa tepat sasaran, sekaligus data itu akan menjadi patokan untuk mengambil kebijakan,” tandasnya. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment