Sutiaji: Manusia Memiliki 3 Jenis Kecerdasan

Malang – Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, berpesan kepada para mahasiswa agar bisa menjaga bentuk kecerdasan yang diberikan Tuhan kepada manusia yakni, kecerdasan spiritual, kecerdesan intelektual dan kecerdasan sosial.

Hal itu disampaikan Sutiaji saat menjadi pemateri orasi kebangsaan dalam acara pengenalan budaya akademik di Fakultas Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Rabu (16/8).

Sutiaji memaparkan, kecerdasan awal yang perlu dipupuk oleh setiap manusia adalah kecerdasan spiritual, dari titik itulah lalu muncul kecerdasan intelekual yang melahirkan kecerdasan sosial.

“Tiga jenis kecerdasan itu harus kita jaga dan tidak boleh memilih salah satu, jangan hanya cerdas secara intelektual tapi tidak cerdas spiritual dan atau sebaliknya,” kata Sutiaji.

Ia menerangkan tiga komponen kecerdasan itu perlu dijaga sehingga manusia bisa hidup di alam modern dengan era informasi dan teknologi yang serba cepat.

“Kita sudah mengalami beberapa fase, dan saat ini kita berada di fase era informasi yang cepat,” kata Sutiaji.

Dikatakan pula, bahwa setiap manusia pada dasarnya adalah seorang pemimpin (kholifah) karena hal itu merupakan anugerah dari Tuhan. Karena itu, Sutiaji berpesan bahwa para mahasiswa harus bisa terus mengembangkan diri dan kreatifitas di alam saat ini.

“Karena kalau bicara kompetitor, tidak saja disini namun saat ini kompetitor kita secara global dan mahasiswa harus siapkan diri untuk itu,” pungkasnya. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment