Wawali Sutiaji Resmikan Perpustakaan Kampung Budaya Polowijen

Malang – Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, meresmikan Perpustakaan Kampung Budaya di Kelurahan Polowijen, Kecamatan Blimbing.

Hadir dalam acara tersebut Rektor Universitas Widyagama, Iwan Nugroho, Anggota DPRD Kota Malang, Erni Farida, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah, dan beberapa tokoh masyarakat sekitar.

Perpustakaan di Kampung Budaya ini terealisasi atas bantuan dari civitas akademika Universitas Widya Gama Malang.

Para mahasiswa yang sedang melakukan Kunjungan Lapangan di kampung budaya tersebut, berinisiasi menyumbang buku, karena melihat antusiasme masyrakat dalam membaca.

Beranjak dari hal itulah, para mahasiswa melakukan gerakan donasi seribu buku dan hasilnya, sebanyak 1.135 buku berhasil dikumpulkan dan disumbangkan ditambah dengan satu gazebo yang diberikan kepada warga.

Wawali Sutiaji, sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Universitas Widya Gama dengan menyumbangkan ribuan buku kepada masyarakat. “Atas nama Pemkot Malang saya ucapkan terima kasih danĀ  gerakan Universitas Widya Gama ini sangat patut diapresiasi,” kata Sutiaji.

Dikatakan pula, selama ini budaya baca buku di Indonesia termasuk di Kota Malang masih rendah, sehingga hal ini harus ditingkatkan melalui berbagai upaya. “Berbeda dengan teman kita di luar negeri, minat baca sangat tinggi sehingga mereka bisa berkreasi,” tukasnya

Karena itu, Sutiaji mengimbau agar kedepan koleksi buku yang ada di Perpustakaan Kampung Budaya ini perlahan ditambah dan disesuaikan dengan minat masyarakat dan pengunjung, sehingga bisa menambah nilai positif di kampung tersebut.

Ia menambahkan, kehadiran Kampung Budaya ini harus terus didorong sehingga keberadaannya bisa diketahui masyarakat luas dan mampu menghadirkan wisatawan dari berbagai penjuru, bahkan hingga dari mancanegara.

Sementara itu, Rektor Universitas Widya Gama Malang, Iwan Nugroho, berharap buku yang disumbangkan ini dapat dimaksimalkan dengan baik oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan membaca buku bisa meningkatkan pengetahuan dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Iwan

Dalam kesempatan itu, Iwan Nugroho, mengatakan jika pendapatan perkapita di Kota Malang sangat tinggi, dan hal itu ditandai dengan tumbuhnya ruang ekspresi, salah satunya ruang budaya di Kampung Budaya Polowijen ini.

“Memang wisata ini bisa mendongkrak perekonomian,” tukasnya.

Tokoh masyarakat sekitar, Isa Wahyudi, mengapresiasi bantuan dari Universitas Widya Gama yang telah memberi bantuan buku dan akan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kampung Budaya ini dibentuk untuk melestarikan budaya yang ada di Malang,” kata Isa Wahyudi. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment