Tim Pencak Silat Kota Malang Sabet 9 Penghargaan Internasional

Malang – Tim seni pencak silat Kota Malang mendulang prestasi yang membanggakan di level internasional. Mereka berhasil menyabet sembilan penghargaan, pada ajang ‘Seni Pencak Silat Internasional’ yang digelar di Purwakarta pada 20 April sampai 23 April lalu.

Sembilan penghargaan itu masing-masing, Penata Silat Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penata Spiritual Terbaik, Penyaji Terbaik, Penata Busana Terbaik, Busana Terbaik, Pemusik Terbaik, Spiritual Terbaik dan Pesilat Terbaik.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, mengatakan, kesuksesan grup pencak silat tersebut tak terlepas dari peran serta pemerintah yang terus aktif memberikan fasilitas dan motivasi agar tetap berkarya dengan baik.

“Tim pencak silat Kota Malang ini kerap diundang tampil di luar negeri seperti Tiongkok dan Korea Selatan,” kata Ida Ayu, Kamis (27/4).

Bahkan, setelah sukses menjalani kompetisi tingkat internasional, tim pencak silat itu bakal mewakili Indonesia untuk kompetisi di level yang lebih tinggi, di Korea Selatan dalam waktu dekat.

“Tim pencak itu dikirimkan Disbudpar Provinsi Jatim untuk mewakili Indonesia,” tukasnya.

Terpisah, Wali Kota Malang, H. Moch Anton, menyambut baik prestasi yang amat membanggakan tersebut. “Prestasi bidang pencak silat ini tentunya harus terus dikembangkan dan tradisi juara di level internasional juga harus dijaga,” kata Abah Anton.

Dikatakan pula, peran pemerintah dalam memfasilitasi kegiatan seni dan budaya terus dilakukan, karena hal itu akan berdampak positif bagi tumbuh kembangnya pariwisata yang ada di Kota Malang.

“Kita selalu mengembangkan potensi seni dan budaya yang ada di masyarakat sehingga berdampak baik bagi meningkatnya pariwisata,” ungkap Abah Anton. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment