Kegiatan Pelatihan Pedagang dan Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM)

Malang – Dalam rangka meningkatkan daya saing nasional dan kesiapan pemberlakuan pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang pada hari Rabu (12/4) telah dilaksanakan Pelatihan Pedagang dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Hadir membuka dan meresmikan kegiatan tersebut adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani dengan didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian, Drs. Subkhan.
Pelatihan tersebut diadakan oleh Forum Wartawan Kota Malang yang menggandeng PT Sumber Alfaria Trijaya dan diikuti oleh 100 orang peserta yang diantaranya dari binaan perdagangan dan Dinas Peruindustrian.

Ketua Panitia Pelatihan UMKM, M. Taufik mengatakan jika forum wartawan Kota Malang ingin memberikan Sumbangsih yang positif bagi Bumi Arema yang memperingati ulang tahun 103. “Berdasarkan hasil diskusi, kami ingin terlibat kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat dan memberi bekal untuk menghadapi pemberlakuan pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sebab jika ekonomi masyarakat kecil kuat, maka perekonomian secara umum akan juga kuat” ujarnya.

Hj. Dewi Farida menyampaikan, pengembangan UMKM perlu terus mendapatkan perhatian dari Pemerintah maupun masyarakat agar dapat berkembang dan lebih kompetitif bersama masyarakat ekonomi lainnya. Disamping itu UMKM masih memiliki beberapa kendala yang berkait dengan prospek usaha yang kurang jelas, kurangnya permodalan dan minimnya SDM serta kendala dalam menghadapi pesaing dari Negara-negara lain. “Untuk itu upaya peningkatan dan pengembangan UMKM harus dilakukan demi prospek berjalannya yang optimal” tambah Farida. (Pr)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment