Pemkab Grobogan Kunjungi Malang untuk Studi Referensi Tentang Kelurahan

Malang – Staf Ahli Bidang Keuangan Pemerintah Kota Malang, Drs. Supriyadi, M.Pd menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Grobogan dalam rangka studi referensi tentang kelurahan pada Rabu (23/11) di Ruang Rapat I Balaikota Malang. Rombongan tamu yang berjumlah 24 orang tersebut dipimpin oleh Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan, Puji Raharjo, SH, MM.

Dalam sambutannya, Puji Raharjo menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Malang yakni ingin mempelajari struktur penganggaran di tingkat kelurahan, bagaimana pengelolaan aset tanah, pola pemberdayaan masyarakat di tingkat kelurahan, serta pelayanan publik dan inovasi pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

“Tujuannya kami ingin menciptakan atau membuat para pelayan di masyarakat ini bisa lebih bagus dan di Malang ini sangat bisa dijadikan referensi. Studi yang didapat akan kami aplikasikan dalam tugas pokok dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan sehingga bisa berubah ke arah yang lebih baik” ungkap Puji.

Sementara Supriyadi menjelaskan mengenai arti pentingnya peran kelurahan dalam keberhasilan pelaksanaan pembangunan, maka Pemerintah Kota Malang menjadikan Kelurahan sebagai sebuah SKPD, dengan menerbitkan Perda No.8 Tahun 2008 tentang Kecamatan dan Kelurahan serta Perwal No.71 Tahun 2008 tentang uraian tugas pokok dan fungsi dan tata kerja Kelurahan.

Salah satu amanat penting lainnya adalah memaksimalkan setiap potensi yang dimiliki daerah, termasuk mendorong pemberdayaan masyarakat di tingkat Kelurahan. Berbagai upaya pemberdayaan masyarakat telah dilakukan, baik dari bina lingkungan, bina usaha dan bina manusia.

“Tentu dibutuhkan dukungan aparatur Kecamatan dan Kelurahan yang memiliki SDM berkualitas, tanggap, memiliki gagasan kreatif, dan fleksibel dalam memberikan pelayanan serta penyelenggaraan pembangunan dengan baik, pemerintah juga menggelar ajang otonomi award untuk mendukung suksesnya berbagai program pembangunan yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Supriyadi menambahkan, segala potensi yang terkait dengan sumber- sumber pendapatan untuk pembiayaan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat terus digali, dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Seperti halnya pajak bumi dan bangunan. yang merupakan salah satu instrumen penting dalam menentukan kelangsungan pembangunan.

”Sementara untuk menekan angka tunggakan PBB, Pemerintah Kota Malang telah membentuk tim intensifikasi PBB dan aktif melakukan penagihan PBB melalui bantuan Kelurahan serta TP PKK,” imbuhnya.

Menutup sambutannya Supriyadi mengucapkan terimakasih kepada pimpinan dan segenap rombongan kunjungan kerja Kabupaten Grobogan karena telah memberikan kepercayaan untuk menjadikan Kota Malang sebagai kota tujuan dari kegiatan kunjungan studi referensi. (Dn)

WhatsApp Image 2016-11-23 at 2.31.05 PM (1) WhatsApp Image 2016-11-23 at 2.31.05 PM (2) WhatsApp Image 2016-11-23 at 2.31.05 PM (3) WhatsApp Image 2016-11-23 at 2.31.05 PM (4) WhatsApp Image 2016-11-23 at 2.31.05 PM

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment