KUNJUNGAN KERJA KOMISI A DAN B KABUPATEN JEMBER

 

balkot

Kamis, 3 September 2015 Gedung Palapa Balai Kota Malang mendapat Kunjungan Kerja dari Komisi A dan B Kabupaten Jember untuk membahas permasalahan persampahan dan industri kecil/rumahan. Tujuan dari kunjungan kerja ini agar dapat mempererat silahturahmi antara Kota Malang dan Kabupaten Jember.

Dalam sambutan Walikota Malang yang dibacakan oleh Dra. Eny Heri Sutiarny MM Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik mengucapkan selamat datang dan terimakasih karena telah menjadikan Kota Malang sebagai tujuan kunjungan kerja. Sekilas informasi mengenai Kota Malang. Jumlah Penduduk Kota Malang berjumlah 863.306 jiwa akan tetapi bisa mencapai 1.500.00 jiwa di siang hari. Luas Wilayah Kota Malang 110,06 km2. Pengololaan, Pelayanan, Persampahan dan pembangunan ruang terbuka hijau merupakan isu utama karena antara pertumbuhan penduduk dan kapasitas ruang tidak sebanding yang pada akhirnya menimbulkan masalah lingkungan seperti pengelolaan sampah, kawasan kumuh, pengingkatan suhu, berkurangnya ruang terbuka hijau dan banjir. Permasalahn tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Terkait dengan hal tersebut maka gerakan Malang bersih terus di galakkan untuk menjadikan Kota Malang bersih, hijau, indah dan nyaman. Untuk meninggkatkan pemberdayaan dan hasil produksi senantiasa di lakukan berbagai giat, kreatifitas dan inovasi. Di Kota Malang juga sudah terbentuk Forum Pengembangan Ekonomi Daerah yang berperan dalam memfasilitasi, memotivasi, dan meminimalisir aktivitas ekonomi dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kualitas serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat. Semua ini di laksanakan  agar keberdayaan industri kecil Kota Malang dapat meningkatkan daya saing daerah di kaca perdagangan bebas ASEAN (MEA).

Acara selanjutnya adalah sambutan dari Ketua DPRD Komisi A Mashuri Hariyanto, SP berharap dengan melihat Kota Malang yang bersih, sejuk ingin mengetahui rahasia  dan budaya yang di tanamkan ke warganya. Dalam hal sarana dan prasarana Kabupaten Jember yang belum berkembang akan banyak belajar dan tukar menukar informasi dengan Kota Malang . Wakil Ketua DPRD Komisi B Dr. NNP. Martini Coede, MM menambahkan informasi bahwa Kabupaten Jember dengan jumlah penduduk 2,5 juta dengan 31 kecamatan dan 149 desa/kelurahan serta mempunyai beberapa pantai. Dengan potensi sumber daya alam yang besar tetapi penduduk kurang optimal maka Kabupaten Jember ingin belajar bagaimana melakukan pembinaan dan menimba ilmu kepada Kota Malang. Acara kunjungan kerja dilanjutkan dengan tukar menukar cinderamata dan dialog untuk mempererat persaudaraan antara kedua daerah.

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment