Berita TerbaruDokumentasiHeadlineInflasiPj Walikota MalangWahyu Hidayat

Pj Walikota Wahyu Hidayat : implementasikan, kembangkan dan evaluasi terus 9 langkah konkret pengendalian inflasi di Kota Malang

Malang – Meski di tahun 2023, tingkat Inflasi di Kota Malang dapat dikendalikan. Hal tersebut tidak membuat Pj. Walikota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM untuk berpuas diri. Berbagai arahan dan penekanan tugas diberikan orang nomor satu di Kota Malang tersebut saat pelaksanaan
Rakor TPID Kota Malang dalam rangka evaluasi tahun 2023 dan rencana program TPID Kota Malang Tahun 2024.

Rakor yang digelar pada hari Kamis tanggal 11 Januari 2024 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang tersebut berlangsung secara gayeng. Wahyu Hidayat juga langsung menginstruksikan kepada seluruh anggota TPID Kota Malang untuk melaksanakan beberapa hal sebagai berikut :
– Lanjutan Gerakan Pangan Murah
– Panen cabai hamparan akhir Desember
– Pengembangan tanam cabai melalui urban farming
– Kerjasama tanam cabai
– Kesinambungan pemantauan harga / monev pasar
– Kesinambungan Warung Tekan Inflasi
– Pengadaan, pemeliharaan dan pemanfaatan cadangan pangan pemerintah daerah
– Penguatan koordinasi seluruh BUMN terkait pangan dalam rangka Stabilisasi Pasokan Dan Harga Pangan (SPHP)
– Optimalisasi High Level Meeting
– Rehab akses jalan jembatan pada jalur distribusi
– Sidak pasar
– Komunikasi yang makin efektif

“Saya berharap momentum kegiatan ini menjadi wahana berdiskusi secara terbuka dan konstruktif untuk merumuskan program kerja yang lebih adaptif dan responsif terhadap perubahan-perubahan yang mungkin terjadi. Tidak hanya menetapkan target-target yang tepat, tetapi juga merancang strategi yang terukur, inovatif, dan terintegrasi guna meningkatkan efisiensi serta efektivitas langkah-langkah pengendalian inflasi di Kota Malang” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga menekankan agar 9 langkah konkrit dalam pengendalian inflasi daerah yang telah dilaksanakan selama ini perlu makin sistematis diimplementasikan dan dievaluasi. “Mari kuatkan bersama upaya yang akan kita jalankan agar inflasi Kota Malang dapat terus terkendali” tegas Wahyu.

“Saya yakin, dengan kerja keras dan sinergi yang baik, TPID Kota Malang dapat mengendalikan inflasi di tahun 2024” tandasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang terangkum bahwa inflasi di Kota Malang pada bulan Desember 2023 kemarin, inflasi berdasarkan month to month sebesar 0,22 %, year to year pada angka 2,56% dan year to date ada di 5,56 %; capaian ini semuanya berada dibawah rata-rata provinsi jawa timur dan nasional. (TS)

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Sekretariat Daerah Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *