Berita TerbaruDokumentasiHeadlinePj Walikota MalangProyek StrategisTP PKKWahyu Hidayat

Pj. Walikota Malang: TP PKK Miliki Peran Dalam Percepatan Penanganan Empat Isu Strategis

Penjabat (Pj.) Walikota Malang TP PKK Kota Malang, Drs. Ir. Wahyu Hidayat, M.M menghadiri Rapat Koordinasi Evaluasi 10 Program Pokok Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Malang, yang berlangsung di Ruang Sidang Balaikota, Sabtu (18/11/2023).

Dalam sambutannya, Pj. Walikota Malang menyampaikan bahwa sesuai dengan amanah yang diterimanya dari Gubernur Provinsi Jawa Timur maka dibutuhkan dukungan dan partisipasi dari pengurus TP PKK Kota Malang. “Ada beberapa tugas yang diberikan kepada saya untuk bisa dilakukan seiring sejalan dan tentu tidak hanya dipegang Perangkat Daerah (PD) yang akan menjalani program saya tetapi salah satunya juga dari TP PKK Kota Malang,” ungkapnya.

Wahyu mengatakan ada beberapa program yang bersentuhan langsung dan harus dilakukan oleh TP PKK Kota Malang “Salah satunya terkait stunting, stunting ini juga menjadi tanggung jawab PD yang ada di Kota Malang. Tetapi juga akan menjadi tanggung jawab ibu-ibu sekalian sebagai pengurus. Tentu dalam menunjang 10 Program Pokok TP PKK Kota Malang juga akan ada salah satunya terkait dengan stunting,” jelasnya.

Wahyu berharap dengan adanya sinergi dan koordinasi, TP PKK Kota Malang dapat berperan penting dalam menghadapi percepatan penanganan isu strategis yang saat ini menjadi fokus pemerintah. “Selain stunting, juga inflasi. Karena inflasi yang ada di Kota Malang dan daerah yang lain salah satu pemicunya adalah hal-hal yang terkait ibu-ibu. Seperti harga dasar bahan pokok, baik beras, gula, sayur-sayuran, telur dan lain-lain itu bersentuhan dengan ibu-ibu. Tentu harapan saya, dapat mengawal terkait pengendalian harga yang akan memicu inflasi,” bebernya.

TP PKK Kota Malang menurutnya juga dapat membantu dalam penurunan kemiskinan ekstrem. “Dalam 10 Program Pokok PKK ada kaitanya dengan penurunan kemiskinan ekstrem. Karena terlihat dengan taraf hidup masyarakat Kota Malang, baik dari perekonomian, kesehatan, pendidikan dan hal-hal lain yang bersentuhan langsung dengan ibu-ibu,” ungkap Wahyu.

Terakhir, terkait pelayanan publik Wahyu mengingatkan bahwa salah satu tugas dari pengurus TP PKK adalah melayani masyarakat “Pelayanan publik ini bagaimana kita melayani pada masyarakat karena tidak hanya PD saja, tetapi sampai di tingkat kelurahan juga ada TP PKK, jadi bagaimana melayani anggotanya dan masyarakatnya yang ada di sekitar kelurahan,” pungkasnya. (ef)


Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Sekretariat Daerah Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *