Berita TerbaruDokumentasiEkrafOktober 2023Pj Walikota MalangWahyu Hidayat

Dorong Peran Duta Investasi, Pj. Walikota Wahyu: Investasi Kuat Ekraf Bergeliat

Malang – Pj. Walikota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, M.M menyebut duta investasi berperan penting untuk mempromosikan potensi investasi di Kota Malang. Menurutnya, duta investasi merupakan representasi pemuda yang peka terhadap peningkatan penanaman modal di daerah dengan harapan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Terlebih saat ini Kota Malang sedang mengembangkan sektor ekonomi kreatif, dimana dukungan investor akan memaksimalkan geliat pelaku industri ini.

“Duta investasi menjadi tokoh yang kita percayakan untuk mepromosikan potensi investasi di Kota Malang. Tidak untuk di Kota Malang saja tapi juga secara lebih luas. Banyak yang perlu berikan penjelasan terkait potensi ini. Mereka menjadi garda terdepan,” ucap Wahyu pada acara Grand Final Pemilihan Duta Investasi tahun 2023, yang digelar di MCC, Jumat (27/10/2023).

Wahyu juga menyebut Duta Investasi memiliki andil strategis dalam mendorong geliat ekonomi kreatif. “Terkait dengan ekonomi kreatif di Kota Malang tidak terlepas dari 17 subsektor. Ini tidak bisa bergerak maksimal dengan adanya dukungan modal, sehingga peran investasi harus dikuatkan,” terang Wahyu.

Wahyu menyampaikan angka pertumbuhan ekonomi Kota Malang tengah mencapai 6,32%, melambung tinggi melebihi angka nasional.
Wahyu juga menyebut Kota Malang tengah menyusun roadmap menuju Kota Kreatif Dunia pada 2025. Selain itu pesatnya pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Malang telah menuai penghargaan yang baru saja diterima kemarin yaitu Indonesia Visionary Leader 2023 Kategori “Best in Creative Economy”. Menurutnya poin-poin ini bisa mendorong kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Kota Malang.

Wahyu berharap, target dan berbagai upaya pemerintah dalam mendongkrak geliat ekonomi kreatif ini dapat diimbangi oleh peran Duta Investasi Kota Malang. “Maka harapannya duta investasi ini bisa menyandingkan dengan harapan kita untuk mewujudkan Kota Malang sebagai Kota Kreatif kita punya target terkait ekonomi kreatif. Utamanya dalam mendorong investasi,” terang Wahyu

Lebih lanjut, Wahyu berpesan agar Duta Investasi juga mengenalkan beragam sektor investasi yang ada di Kota Malang. Selain ekonomi kreatif, Wahyu juga menyebut Kawasan Kayutangan Heritage sebagai destinasi yang sedang diminati, dan sejumlah sektor potensial lainnya.

“Saya berharap selain Kayutangan Heritage, juga investasi lain. Yang bisa menarik investor lebih besar menanamkan modalnya di Kota Malang. Bisa juga di kawasan-kawasan lain, baik dari investasi perumahan, perdagangan dan jasa, termasuk juga industri dan sektor-sektor lain. Harapannya bisa semakin besar,” ucap Wahyu.

Sebagai informasi, Duta Investasi Kota Malang tahun 2023 terbaik I yang terpilih adalah Marchellino Geralda Kalontong. Pemilihan ini melalui berbagai tahapan dari panitia, termasuk sesi menjawab pertanyaan dari Pj. Walikota Malang. (sfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *