Berita TerbaruDokumentasiHeadlineOktober 2023Pj Walikota MalangSantriUpacaraWahyu Hidayat

Pj. Walikota Wahyu Ajak Masyarakat Teladani Peran Santri dalam Membangun Negeri

Malang – Upacara peringatan Hari Santri Tahun 2023 di Kota Malang resmi digelar di Halaman Balaikota Malang, Senin (23/10/2023). Bertindak selaku inspektur upacara Pj. Walikota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, M.M. Dalam amanatnya Wahyu mengajak kepada semua pihak untuk meneladani peran santri dalam membangun negeri. Menurutnya, santri menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kebangsaan sekaligus. Sebagaimana fatwa KH Hasyim Asyari “Hubul wathon minal iman” atau mencintai bangsa dan negara adalah sebagian dari iman.

“Semangat inilah yang harus kita teladani, dan terus kita dukung dan kembangkan untuk menjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila ini. Menurut KH Mustofa Bisri bahwa santri bukan dari kalangan yang mondok di pesantren saja, tetapi siapapun yang berakhlak seperti santri dialah santri sejati.” ucap Wahyu.

Sejalan dengan tema Hari Santri Nasional pada Tahun 2023 “Jihad Santri, Jayakan Negeri”; Wahyu juga mengajak masyarakat secara luas untuk meneladani semangat santri dalam berjihad menuju kebaikan. “Kita perlu memperkuat semangat jihad dalam diri kita. Jihad yang dimaksud bukanlah jihad dalam arti perang, melainkan jihad dalam arti perjuangan untuk kebaikan, kemajuan, dan kesejahteraan bangsa. Kita semua memiliki peran penting dalam membangun negeri ini, dan mari kita tiru semangat juang para ulama dan kaum santri,” ucapnya.

Terlebih, dalam menghadapi tahun politik di 2024 ke depan, Wahyu mengajak kita saling menjaga kerukunan sebagaimana sikap yang tertanam pada diri santri. “Kaum santri adalah garda terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia. Semoga semangat santri terus menyala dalam diri kita semua. Mari kita jaga persaudaraan dan persatuan nasional khususnya dalam menjalani tahun politik yang sedang berjalan di tanah air saat ini,” tutur Walikota .

Nampak hadir pada kegiatan tersebut; Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, S.H,M.H., Gus Thoriq bin Ziyad, Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, Kapolresta Malang Kota, Kombespol Budi Hermanto, Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Kepala Badan Amil Zakat Nasional Kota Malang, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Malang, serta Pj. Ketua TP PKK Kota Malang, Hanik A. Wahyu Hidayat.

Sebagai informasi, peringatan hari santri ini tidak lepas dari peran besar kedua tokoh yaitu Dr. H. Ahmad Basarah dan KH Thoriq bin Ziyad yang mengusulkan gagasan Hari Santri Nasional kepada Presiden Joko Widodo saat Presiden mengunjungi Pesantren Babusalam Pagelaran Malang pada 2014 silam.

Pada akhir kegiatan, Wahyu turut memberikan sejumlah apresiasi kepada Kafilah Kota Malang yang memperoleh juara MTQ XXX Provinsi Jawa Timur di Kota Pasuruan pada 2-10 Oktober 2023. Sejumlah prestasi yang berhasil diraih Kota Malang antara lain:

1. Juara 1 Hizfil Qur’an 5 Jus Tilawah Putra oleh Afnan Zain jamil
2. Juara 3 Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an Putra oleh Afiz Baghi Syafruddin
3. Juara 3 Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an Putri oleh Viska Rinata
4. Juara Harapan 1 Hifzil Qur’an 20 Juz Putra oleh M. Taufigillah Syafi’ie (sfr)

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Setda Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *