Berita TerbaruDokumentasiHeadlineOktober 2023Pj Walikota MalangWahyu Hidayat

Pj. Walikota Malang : Kuatkan Peran Masjid Ciptakan Ketahanan Ekonomi Keluarga

Malang – Kemajuan dan perkembangan zaman nyatanya menyisakan banyak problematika di masyarakat, salah satu nya adalah hantaman ekonomi. Seiring dengan perubahan gaya hidup dan kebutuhan, permasalahan ekonomi semakin sering kita dengar di masyarakat. Maraknya rentenir, pinjol, kemiskinan, stunting adalah sekelumit kisah yang lahir karena dampak masalah ekonomi.

Permasalahan ini secara tidak langsung menurunkan ketahanan ekonomi keluarga. Dampaknya tentu menjadi negatif, tekanan yang dirasakan sebuah keluarga akan semakin besar seiring dengan banyak permasalahan ekonomi yang dihadapi.

Inilah yang menjadi perhatian Pj. Walikota Malang Wahyu Hidayat saat hadir dan memberikan sambutan pada acara Forum Grup Discussion (FGD) yang mengangkat tema penguatan ketahanan ekonomi keluarga berbasis masjid pada Rabu (18/10) di Hotel Pelangi Kota Malang. Acara ini sendiri diinisiasi oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Malang yang berkolaborasi dengan Kemenag Kota Malang, PCNU Kota Malang, DMI Kota Malang serta Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid Kota Malang.

Berbicara di depan para peserta, Wahyu menuturkan fenomena yang terjadi sekarang sangatlah kompleks. Wahyu lantas membandingkan dengan beberapa tahun yang lalu dimana pola hidup masyarakat cenderung stabil. ” Sekarang kita banyak dihadapkan pada kompleksitas masalah, bila kita bandingkan 20-30 tahun yang lalu sudah tentu sangat berbeda karena belum semaju seperti sekarang,” ucap Wahyu.

Wahyu menambahkan perubahan pola hidup menjadi faktor utama yang memiliki andil besar menurunkan ketahanan ekonomi suatu keluarga. Wahyu menyentil maraknya kredit, rentenir, dan pinjaman online juga karena obsesi yang berlebihan dari masyarakat. Belum lagi permasalahan seperti kemiskinan, stunting yang juga merupakan dampak perkembangan zaman dan membutuhkan sinergi berbagai pihak untuk dituntaskan.

Karena itu, menangkap semua fenomena dan permasalahan ini, Wahyu mengatakan masjid memiliki peran yang luar biasa dalam memberikan penguatan kepada umat. Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah dan dakwah tetapi juga sebagai tempat menyelesaikan berbagai permasalahan umat.

“Banyak permasalahan yang dihadapi sehingga menurunkan ketahanan ekonomi keluarga. Ini diperparah dengan maraknya rentenir dan pinjaman online yang dampaknya tidak baik. Belum lagi masalah kemiskinan dan stunting yang menjadi PR bersama, ini butuh uluran tangan dan sinergi berbagai pihak khususnya masjid, ” terangnya.

“Menurut saya, masjid memiliki peran yang luar biasa untuk bisa diberdayakan dan memberikan penguatan kepada umat. Selain fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan dakwah, masjid juga sebagai tempat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi umat, ” tegas Wahyu.

Untuk itulah di momen acara FGD ini, Wahyu berharap sinergitas Pemerintah Kota Malang dengan DMI mampu menjadi senjata ampuh mengembalikan lagi ketahanan ekonomi keluarga pada jalur yang semestinya. Penjabat Walikota Malang itu berharap sistematika langkah yang dilakukan bisa efektif membantu masyarakat menyelesaikan permasalahannya.

“Saya harapkan sinergitas ini (Pemkot Malang dan DMI) mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Langkah yang dilakukan perlu sistematis dengan pendekatan yang tepat kepada masyarakat. Saya yakin langkah ini efektif karena dengan diperkuat DMI harapan saya penguatan yang diberikan mampu menciptakan ketahanan ekonomi keluarga di Kota Malang,’ tutup Wahyu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *