Berita TerbaruDokumentasiHeadlineOktober 2023Pelayanan PublikPj Walikota MalangWahyu Hidayat

Komitmen Kuatkan Pelayanan Publik, Pj. Walikota Malang Kunjungi 4 Perangkat Daerah

Malang – Pj. Walikota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, M.M melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke empat titik sekaligus. Adalah Kantor DPUPRPKP, Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang, serta Kantor Kecamatan Klojen. Kunjungan Wahyu pada Selasa (17/10/2023) ini dalam rangka mengecek progres kerja, kesiapan sarana prasarana, maupun menginventarisir kendala yang dialami oleh perangkat daerah tersebut, serta mengecek kesiapan peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Saya mau melihat progressnya, saya juga ingin melihat kendala-kendala yang ada. Berdasarkan peninjauan tadi, progresnya rata-rata sudah baik, masing-masing sudah menjalankan tusi dengan baik. Saya harus pastikan pelayanan publik yang diberikan bisa maksimal,” ucapnya.

Ada yang menarik perhatian Wahyu saat meninjau garasi armada di kantor DPUPRPKP Kota Malang. Wahyu langsung melirik satu unit Skylift Truck yang terparkir rapi. Spontan Wahyu mengambil alih kemudi lalu menjalankan kendaraan berat tersebut. Nampak Sekda Kota Malang, Erik Setyo Santoso, duduk disamping Wahyu. Sementara Dandung, Kepala DPUPRPKP bersama jajaran Kepala Bidang ikut menumpang di bagian belakang kendaraan. Nampak mendampingi pada kegiatan tersebut, Kepala DLH Kota Malang, Rahman serta Kepala Satpol PP, Heru.

“Untuk sarana pendukung saya juga ingin lihat. Karena di DPUPRPKP itu dinas yang tanggung jawabnya besar sekali. Dan untuk bisa menjalankan itu juga harus ada sarana pendukung. Alhamdulillah sudah dijalankan. Dan saya akan melihat sejauh mana permasalahan dapat diminimalisir. Salah satunya dengan penambahan sarana prasarana, ada kualitas SDM juga pelayanan harus ditingkatkan,” ucap Wahyu.

Ditanya mengenai peremajaan armada, Wahyu menyebut bahwa sarana prasarana yang dimiliki telah memadai. Karenanya ia meminta masing-masing perangkat daerah dapat berfokus untuk melaksanakan tugas dan fungsinya. “Kalau peremajaan armada, dari dua Kepala Dinas (DPUPRPKP dan DLH, red), semua sudah memadai dan cukup. Tinggal melaksanakan tugas prioritas ini dengan sarana prasarana yang ada, jadi mereka sudah optimal,” ucapnya.

Di sela-sela kunjungannya, Wahyu juga menyempatkan berbincang dengan tim pemadam kebakaran Kota Malang. Ia memastikan kesiapan tim damkar mengingat meningkatnya potensi kejadian kebakaran. “Saat ini, gedung-gedung bertingkat sudah banyak. Ditambah musim kemarau berkepanjangan, kecenderungan kebakaran meningkat, potensinya tinggi. Mereka saat ada kejadian kebakaran, maksimal lima belas menit sudah tiba di lokasi,” terang Wahyu. Ia juga meminta masyarakat untuk tetap bijak dalam memanggil bantuan damkar apabila terjadi kebakaran.

Terakhir, Wahyu turut melanjutkan sidaknya ke Kantor Kecamatan Klojen. Ia lalu mengumpulkan Camat, pejabat struktural kecamatan, serta jajaran lurah di kecamatan tersebut. Wahyu menekankan agar memaksimalkan pelayanan publik. “Fokus kita untuk pelayanan publik. Sebagai jajaran yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, tingkatkan kepekaan terhadap masyarakat. Dengarkan keluhan yang ada di lapangan. Jika ada program-program masyarakat yang belum terselesaikan segera lakukan percepatan,” bebernya.

Tak lupa, Wahyu juga mengingatkan, apabila menghadapi kendala agar jajaran lurah juga bersinergi dengan perangkat yang ada di wilayah. “Jika ada kesulitan di masyarakat, para lurah bisa merangkul perangkat di wilayah. Kita bekerja bersama. Ada Pak RT, Pak RW. Lakukan juga sinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat,” pungkas Wahyu. (sfr/RK)

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Setda Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *