Dokumentasi

Hadiri Senam Kebangsaan; Pj. Wali Kota Malang Apresiasi Raihan Prestasi KORMI Kota Malang

Malang – Dalam rangka memeriahkan HUT ke 23 Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI), pada hari Sabtu (14/10) di Stadion Gajayana Malang telah digelar Senam Kebangsaan. Giat tersebut diinisiasi oleh KORMI Kota Malang.

Tampak hadir Pj. Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, Kadispora Provinsi Jawa Timur, Moh. Ali Kuncoro, S.STP, M.SI, Kadis Pariwisata Provinsi Jawa Timur yang juga Ketum KORMI Jawa Timur, Dr. Hudiyono, M.SI, dan Ketum KORMI Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Wahyu selain menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ali Kuncoro yang hadir mewakili Gubernur Jawa Timur; Wahyu juga berharap agar kehadirannya di Kota Malang dapat memberikan support tersendiri bagi pengembangan olahraga rekreasi di Kota Malang.

Lebih lanjut, Wahyu juga mengapresiasi peran KORMI Kota Malang sebagai wadah berhimpun 48 cabang organisasi olahraga masyarakat; yang telah melakukan pembinaan dan pengembangan berbagai cabang olahraga rekreasi di Kota Malang. “Upaya tersebut dapat kita lihat dengan prestasi pada FORDA (Festival Olahraga Rekreasi Daerah) I Jatim 2023 dan prestasi pada FORNAS yang telah sukses di raih Kota Malang; ini harus kita dukung bersama-sama” ujarnya pada sesi wawancara di akhir acara.

Untuk itu, tambahnya, saya berharap kepada KORMI Kota Malang untuk menguatkan penyusunan program kegiatan serta melakukan strategi dalam membina olahraga rekreasi dengan mengenalkan dan mensosialisasikan cabang-cabang olahraga rekreasi kepada masyarakat dan generasi muda.
Selain itu, kita juga perlu mendorong generasi muda untuk ikut berpartisipasi pada organisasi-organisasi olahraga masyarakat yang sudah ada di Kota Malang; bukan hanya bertujuan untuk lebih meningkatkan; namun yang terpenting agar generasi muda dapat ikut melestarikan budaya olahraga tradisional sekaligus mencintai kearifan lokal.

Sebagai informasi, pada FORDA Jatim I tahun 2023; kontingen Kota Malang berhasil menduduki peringkat kedua dengan memperoleh 27 emas, 25 perak dan 33 perunggu. Ini pula yang membawa beberapa penggiat olahraga rekreasi Kota Malang menjadi perwakilan Provinsi Jawa Timur untuk berpartisipasi pada FORNAS beberapa waktu yang lalu dan berhasil membawa pulang 6 medali emas, 7 medali perak dan 7 medali perunggu.

Sementara itu, Kadispora Provinsi Jawa Timur, Ali Kuncoro menitipkan pesan kepada KORMI Kota Malang untuk terus mengembangkan seluruh program kegiatan dengan menerapkan prinsip 5M (Murah, Meriah, Menarik, Manfaat, dan Massal) agar dapat meningkatkan antusias masyarakat dan khususnya generasi muda dalam melakukan aktivitas fisik. “Konsep 5M dalam olahraga masyarakat ini yaitu murah, meriah, menarik, manfaat, dan massal harus dilakukan secara berkesinambungan oleh para insan dan organisasi olahraga agar bisa terwujud Indonesia Bugar 2045 seperti arahan Presiden Jokowi” tegas Ali. (TS)

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Sekretariat Daerah Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *