Malang – Budaya sowan dan silaturahmi ke para Walikota Malang terdahulu yang sebelumnya dilakukan di era pasangan mantan Walikota Malang dan Wakil Walikota Malang Sutiaji – Edi, kembali dilakukan di era kepemimpinan Pj. Walikota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM. Menariknya silaturahmi Wahyu langsung ditujukan pada pasangan yang baru saja menyelesaikan pengabdiannya Sutiaji-Edi.

Jum’at malam (29/9) mengambil start dari Balaikota Malang, Pj. Wahyu didampingi Sekretaris Daerah Erik Setyo Santoso ST,MT beserta Kepala Dinas Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Malang. Kediaman mantan Walikota Malang Sutiaji menjadi tujuan pertama kemudian dilanjutkan menuju kediaman mantan Wakil Walikota Sofyan Edi Jarwoko.

Setibanya di kediaman Sutiaji, Pj. Wahyu dan rombongan langsung disambut Sam Aji beserta istrinya Widayati Sutiaji. Kedua tokoh ini nampak gayeng, suasana cair ini di lengkapi tawa canda ringan diantara keduanya. Sesekali keduanya juga nampak berdiskusi dan membahas program-program kebijakan Kota Malang.

Hal yang sama juga terjadi saat berada di kediaman mantan Wakil Walikota Sofyan Edi Jarwoko. Suasana penuh keakraban kental terasa. Sama seperti dengan mantan Walikota Sutiaji, Bung Edi dan Pj. Walikota Wahyu juga banyak melontarkan joke-joke ringan yang menambah hangat pertemuan keduanya.

Ditemui usai menuntaskan silaturahmi ini, Pj. Walikota Wahyu mengatakan penting bagi dirinya untuk terus membuka komunikasi dengan mantan Walikota Malang dan Wakil Walikota Malang tersebut. Dirinya mengatakan ini adalah esensi sustainable (keberlanjutan). Menurutnya, keberlanjutan adalah kunci keberhasilan pembangunan, oleh karena itulah sebagai Pj. Walikota Malang yang melanjutkan tugas mantan Walikota dan Wakil Walikota sebelumnya dirinya merasa perlu terus berkomunikasi dan berdiskusi untuk kemajuan Kota Malang.

“Bagi saya, transisi kepemimpinan adalah hal krusial maka saya selaku Pj. Walikota perlu berkomunikasi dengan beliau berdua. Inilah maksud dari silaturahmi saya hari ini, tugas saya melanjutkan apa yang menjadi program pembangunan yang sudah di tetapkan khususnya RPD 2024-2026. Esensi Sustainable (keberlanjutan) ini jadi pedoman saya karena ini (keberlanjutan) adalah kunci keberhasilan pembangunan, sekaligus saya menjalankan apa yang sudah diamanatkan Bu Gubernur,” jelas Wahyu.

Terpisah, Sam Sutiaji dan Bung Edi menyampaikan apresiasi atas komunikasi yang dibangun oleh Pj. Walikota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM. Menurut Sutiaji, silaturahmi seperti ini semoga terus menjadi budaya yang akan terus dipelihara sampai kapanpun, karena menurutnya dalam silaturahmi selalu mengandung kebaikan khususnya kebaikan untuk Kota Malang kedepannya.

“Secara pribadi saya mendukung dan mengucapkan apresiasi atas silaturahmi ini, dan senang sekali bertemu dengan orang-orang hebat. Semoga ini jadi budaya baik yang akan terus terpelihara, fitrahnya komunikasi selalu mengandung kebaikan dan manfaat utamanya bagi Kota Malang kedepannya, “ucap Sutiaji.

Senada dengan Sam Sutiaji, Bung Edi juga menyampaikan rasa terimakasih nya atas jalinan silaturahmi yang dibangun. Baginya ini menjadi contoh yang baik. Bung Edi menambahkan ini semakin mengentalkan ciri khas Kota Malang yang penuh dengan persatuan dan persaudaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *