Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Walikota Sutiaji Ajak Bupati Sidoarjo Tengok Pasar Oro-Oro Dowo

Narasi Misi 1. Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan, kesehatan dan layanan dasar lainnya bagi semua warga Dan Misi 2. Mewujudkan kota produktif dan berdaya saing berbasis ekonomi kreatif, keberlanjutan dan keterpaduan.

Malang – Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, mengajak Bupati Sidoarjo, H. Ahmad Muhdlor Ali, S.I.P untuk berkunjung ke Pasar Oro-Oro Dowo Malang. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari penyambutan kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam rangka studi pembelajaran terkait pembangunan dan revitalisasi pasar.

“Revitalisasi pasar rakyat kami lakukan dengan tujuan meningkatkan pasar rakyat agar tetap bisa bersaing dengan pasar modern. Seperti dengan menghadirkan pasar rakyat yang nyaman, aman, ramah, berdaya saing, dan inklusif,” ucap Walikota Sutiaji, Selasa (8/2/2022).

Sejalan dengan itu, Walikota Sutiaji menyampaikan bahwa keberpihakan terhadap pasar rakyat terus dikuatkan oleh Pemkot Malang, terlebih dalam menghadapi beragam tantangan di era digital dan disrupsi pandemi demi pemulihan ekonomi daerah.

“Fungsi pembangunan pasar, juga diharapkan tidak hanya mencari keuntungan finansial, akan tetapi menjadi langkah untuk meningkatkan perekonomian perdagangan kecil,” urai Walikota Sutiaji. Sebagai informasi tambahan, sampai dengan tahun 2021 sebanyak 14 pasar dari 26 pasar rakyat di Kota Malang telah direvitalisasi.

Selanjutnya, Walikota Sutiaji juga menjelaskan bahwa revitalisasi infrastruktur yang dilakukan Pemkot Malang, diimbangi dengan revitalisasi komponen penting lainnya. Seperti mengubah dan membentuk ulang pola pikir pedagang dan masyarakat terhadap pasar rakyat.

“Revitalisasi fisik saja tidak cukup. Karenanya kami tingkatkan pula dengan pembenahan aspek non-fisik,” terang Walikota Sutiaji saat memberikan paparan.

Ditambahkan oleh Walikota Sutiaji bahwa Pemkot Malang menghadirkan berbagai inovasi guna mendukung pembenahan aspek non-fisik tersebut. Seperti, Sepasar Pedas (Sekolah Pasar Pedagang Cerdas); yang pernah lolos menjadi Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2020; E-Retribusi yang telah berjalan di 22 pasar rakyat, Pasar Digital yang menerapkan pembayaran non tunai di 10 titik pasar rakyat, maupun Gerakan Sobo Pasar bagi ASN Kota Malang.

Menanggapi kunjungan kerja ini, Walikota Sutiaji juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Sidoarjo beserta rombongannya atas kepercayaan yang diberikan Pemkab Sidoarjo yang menjadikan Kota Malang sebagai tujuan kunjungan kerja pada hari itu.

“Melalui kegiatan ini juga semoga mampu menopang kemajuan pembangunan diantara kedua daerah, sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas layanan kita kepada masyarakat,” kata Walikota Sutiaji.

Sebelumnya, Walikota Sutiaji, bersama Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Muhamad Sailendra, serta Kepala OPD terkait di Pemkot Malang menerima secara resmi rombongan Pemkab Sidoarjo di Ruang Sidang Balaikota Malang.

Terakhir, Walikota Sutiaji juga mendapatkan apresiasi dari Bupati Sidoarjo atas penyambutan Pemkot Malang yang telah bersedia memberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman mengenai pengelolaan pasar rakyat. “Terima kasih diperkenankan untuk meng-upgrade diri untuk mengubah Sidoarjo lebih baik lagi. Menjadi baik itu wajib. Terima kasih sudah dipersilakan belajar,” ucapnya. (sfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *