Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Antisipasi Bencana Hidrometeorologi Walikota Sutiaji Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam

Malang – Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, memimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2021 di Wilayah Kota Malang. Apel ini bertempat di halaman Balaikota Malang, pada Senin pagi (25/10). Apel digelar sebagai bentuk kesiapsiagaan sekaligus langkah kongkrit Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bersama TNI/Polri dalam menghadapi potensi terjadinya bencana alam hidrometeorologi di wilayah Kota Malang.

“Tidak ada daerah yang istilahnya aman terhadap bencana. Terlebih sekarang ada ancaman puting beliung, dan sebagainya. Maka secara menyeluruh di Jawa Timur, hari ini dilaksanakan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam tadi,” tutur Walikota Sutiaji.

Dengan digelarnya apel ini diharapkan dapat terbentuk koordinasi dan sinergitas Pemkot, Forkopimda bersama masyarakat guna meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya bencana alam hidrometeorologi di Kota Malang. Kewaspadaan bersama ini perlu ditingkatkan, terlebih saat ini akan memasukui musim penghujan.

Menurut Walikota Sutiaji, Kota Malang menjadi salah satu titik yang berpotensi mengalami bencana. Sehingga apabila intensitas curah hujan meningkat dapat menimbulkan terjadinya banjir, tanah longsor, maupun angin puting beliung. Terlebih potensi banjir dapat terjadi karena teradapat sebagian wilayah Kota Malang yang berhimpitan dengan sungai. “Antisipasi terhadap itu, makanya hari ini dilaksanakan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana itu,” ucap Walikota Sutiaji.

Tidak berhenti di situ, Walikota Sutiaji juga mengutarakan bahwa Pemkot Malang turut melakukan berbagai upaya preventif sebagai bentuk mewaspadai bencana hidrometeorologi. “Kalau hujan deras diirngi dengan angin, rawan sekali pohon tumbang. Saat ini mitigasnya, BPBD kerja sama dengan DLH untuk menginventarisir pohon-pohon yang sudah tua,” ujarnya. Selain itu, tambah Walikota Sutiaji, Pemkot juga menyiapkan pompa untuk mengantisipasi jika ada genangan saat terjadi hujan, agar tidak sampai menimbulkan kerugian secara masif. “Ini yang kita kuatkan bersama. DLH dan DPUPRKP juga keliling terus untuk pengecekan timbunan sampah,” kata Walikota Sutiaji.

Apel ini turut dihadiri oleh Forkopimda Kota Malang. Diantaranya, Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, Komandan Kodim 0833, Letkol Arm. Ferdian Primadhona, Kapolresta Malang Kota, AKBP Bhudi Hermanto. Serta nampak mendampingi, Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Kepala BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto, dan jajaran pejabat lainnya di lingkungan Pemkot Malang.

Terakhir, usai memimpin apel, Walikota Sutiaji bersama jajaran Forkopimda Kota Malang meninjau langsung dan mengecek kesiapan seluruh personel gabungan yang terlibat termasuk kelengkapan peralatan dan kendaraan yang telah disiapkan. (sfr)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *