Berita TerbaruHeadline

Kuatkan Kompetensi dan Kinerja ASN, Walikota Sutiaji Apresiasi Gelaran Sosialisasi Jabatan Fungsional

Malang – Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, membuka sekaligus memberikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Jabatan Fungsional di Lingkungan Pemerintah Kota Malang, Kamis (21/10). Kegiatan yang digelar oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Malang ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pejabat fungsional dan tata pengelolaan administrasi kepegawaian.

Bertempat di Aria Gajayana Hotel, sosialisasi ini diikuti oleh 150 pejabat fungsional di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang; diantaranya pejabat pengelola administrasi kepegawaian dan pejabat fungsional khususnya guru dari berbagai unsur. Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II.

Dalam sambutannya, Walikota Sutiaji mengajak para peserta agar memanfaatkan sosialisasi ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait jabatan fungsional, dalam hal ini guru, secara lebih rinci. Sehingga mampu mendorong keahlian dan keterampilan mereka sebagai tenaga pendidik. Mengingat manajemen ASN yang telah menerapkan sistem merit yang penilaiannya berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja.

“Saat ini ASN menerapkan merit sistem. Jadi harus memiliki prestasi. Salah satu diantaranya, memberikan inovasi pembelajaran, karya tulis, ada mengikuti seminar. Yang goalnya adalah inovasi-inovasi pembelajaran yang nantinya untuk perbaikan dan menunjang terhadap kegiatan belajar mengajarnya,” terang Walikota Sutiaji.

Selanjutnya, Walikota Sutiaji turut mengapresiasi sosialisasi ini sebagai sarana pengembangan kapasitas sumber daya manusia. Walikota Sutiaji juga berpesan agar BKPSDM Kota Malang dapat memberikan pendampingan terkait kendala yang dialami oleh pejabat fungsional. “Saya suruh para peserta menyampaikan kendalanya apa. Ini tugas BKPSDM melakukan ini (sosialisasi, red), untuk memberikan dampingan,” pesan Walikota Sutiaji.

Menurut Walikota Sutiaji, dengan adanya penambahan wawasan melalui sosialisasi ini, diharapkan adanya peningkatan kualitas SDM. Sehingga dapat menunjang jenjang karier para tenaga pendidik tersebut sebagai ASN dengan jabatan fungsional di Kota Malang.

“Outputnya harus terukur, agar nanti jenjang karier mereka bisa naik semua. Tapi tetap bergantung dengan mereka masing-masing. Mereka sudah diberikan arahan dan fasilitasi dari kami. Ini yang harus dipenuhi. Kalau kesulitan, nanti bisa diberikan dampingan,” terang Walikota Sutiaji.

Sejalan, Kepala BKPSDM Kota Malang, Totok Kasianto, berharap agar sosialisasi ini dapat menunjang pengembangan karier para peserta. “Besar harapan kami pengetahuan dari para peserta dapat diteruskan baik ke pimpinan maupun rekan sejawat, agar pengembangan karier bisa berjalan dengan baik,” urainya. (sfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *