Musrenbang Lansia: Usia Boleh Tua, Pikiran Tetap Muda

Malang – Pagi itu (27/1), duduk berdampingan di Ngalam Command Center (NCC), Balaikota Malang, Walikota Malang, Drs H. Sutiaji bersama Wakil Walikota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko. Dihadapannya terpampang layar besar menampilkan video conference. Namun uniknya peserta rapat virtual tersebut adalah kakek nenek kelompok lansia yang tetap bersemangat mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Lansia yang merupakan satu rangkaian kegiatan dengan Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Malang tahun 2022.

Walikota Sutiaji mengajak lansia untuk tetap produktif dan bermakna di usia tua. Menurutnya usia senja bukan menjadi penghalang bagi kelompok lansia untuk bermanfaat bagi masyarkat. Karenanya, Walikota Sutiaji berharap agar kelompok lansia di Kota Malang turut aktif mengimplementasikan pengalamannya guna mendorong pembangunan kota.

“Boleh tua usianya, tapi pikirannya masih muda,” imbuhnya.

Tujuan dari pemerintah sendiri adalah untuk menghadirkan kota Malang yang ramah lansia serta memiliki angka harapan hidup tinggi. Saat ini angka harapan hidup di kota Malang berada di 70%, dan target pemerintah meningkatkannya menjadi 90-100%.

“pemerintah Kota Malang minta kepada panjenengan melalui forum yang namanya musrenbang tematik ini, tolong inventarisir masalah-masalah semuanya. Karena panjenengan yang lebih paham tentang apa yang harus dimasukkan dalam kebijakan, “ ujar Walikota Sutiaji sejalan dengan tujuan dari Musrenbang Lansia ini.

Dalam kesempatan tersebut, Wawali Sofyan Edi yang berkesempatan membuka acara juga menyampaikan rasa terima-kasihnya kepada pemerhati lansia di Kota Malang. “Kondisi pemerhati lansia semakin bagus, banyak kegiatan bersifat edukatif,” ujarnya. Selain itu Wawali Sofyan Edi juga berpesan agar di masa pandemi ini kelompok lansia semakin ekstra menjaga kesehatannya.

Dalam Musrenbang tematik tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Asisten Perekonomian, dan Kepala Bappeda. Serta mengikuti secara virtual perwakilan Pemerhati Lansia Kota Malang baik dari yayasan maupun organisasi, Komda Lansia, serta Karang Werda Kecamatan & Kota Malang. (sfr)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment