Walikota Sutiaji Tinjau Sterilisasi di Puskesmas Kendalkerep dan Puskesmas Gribig

Malang – Menyadari rentannya penularan virus Covid-19 di puskesmas sebagai fasilitas kesehatan; Walikota Malang, H. Sutiaji telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan penyemprotan desinfektan dan sterilisasi secara berkala pada 16 Puskesmas yang ada di Kota Malang.

Senin tanggal 31 Agustus 2020 Walikota Sutiaji meninjau langsung prosea sterilisasi yang dilakukan secara berkala di puskesmas Kendalkerep dan puskesmas Gribiq. Didampingi oleh Plt. Kadinkes, Sri Winarni; Kabag Pemerintahan, Suprayitno; dan Kabag Humas, Nurwidianto; Walikota Sutiaji melakukan dialog bersama Camat, Lurah dan kepala puskesmas beserta jajarannya.

Dalam arahannya, Walikota Sutiaji menekankan agar ada koordinasi secara intensif antara lurah, babinkamtibmas, babinsa dan jajaran puskesmas terkait data penyebaran Covid-19 di masing-masing wilayahnya. “Ini penting dilakukan agar ada kesamaan data di antara para petugas lapangan; sehingha pemantauannya dapat berjalan secara maksimal” tegas Sutiaji.

Sutiaji juga mengingatkan agar para petugas dan tenaga medis yang ada di puskesmas tetap waspada dan berhati-hati dalam menjalankan tugasnya karena puskesmas adalah sarana kesehatan publik yang berinteraksi langsung dengan pasien. “Tidak menutup kemungkinan, para pasien yang datang untuk berobat ke puskesmas adalah OTG atau malah membawa virus yang tanpa kita sadari dapat menularkannya pada kita” tuturnya.

“Tetap jaga kesehatan, tingkatkan imunitas diri dan lakukan prosedur protokol kesehatan secara ketat selama berada di ruang publik” tandasnya.

Pada Kesempatan tersebut, para petugas juga menyampaikan beberapa kesulitan dan hambatan yang dialami saat bertugas, utamanya dalam rangka memberikan pemahaman pada masyarakat untuk terus menjalankan protokol kesehatan, termasuk juga dalam melakukan pemantauan terhadap para pasien terkonfirmasi positif yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.(Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment