Berita TerbaruDokumentasiJuli 2019

Walikota Sutiaji Sumbang Ide dan Gagasannya Pada Seminar RUU Ekonomi Kreatif

Jakarta – Dalam rangka memenuhi undangan dari Deputi Fasilitasi HKI dan regulasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk menjadi narasumber dalam seminar RUU ekonomi kreatif; Walikota Malang, H. Sutiaji pun menyampaikan gagasannya terhadap pengembangan ekonomi kreatif di Kota Malang pada hari Selasa (16/7) di Ruang Auditorium Kementerian Perdagangan RI.

Selain Kepala Bekraf, Triawan Munaf; Ketua dan seluruh anggota Komisi X DPR RI juga turut hadir dalam kegiatan tersebut. Ketua Panja RUU Ekonomi Kreatif Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih juga turut serta hadir selaku keynote speech.

Menurut Triawan Munaf, ekonomi kreatif telah menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. “Sehingga melalui seminar kali ini, saya berharap akan ada masukan serta gagasan dari beberapa narasumber yang dapat kita usulkan di RUU Ekonomi Kreatif sebagai dasar kita untuk mengembangkan geliat ekonomi kreatif di Indonesia” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Sutiaji juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Malang dan seluruh elemen didalamnya akan terus berupaya mewujudkan “Malang Digital Creative City”.

Futuristik, Humanis dan Mendunia akan menjadi visi kreatif yang dirumuskan Kota Malang setelah terpilih sebagai salah satu dari empat role model kota / kabupaten kreatif oleh Bekraf pada bulan Juni 2019.

“Kami menilai bahwa ekonomi kreatif mampu melipatgandakan nilai ekonomis berbagai produk lokal sehingga harapannya dapat mempercepat upaya peningkatan kesejahteraan” kata Sutiaji.

Ia juga menambahkan bahwa kolaborasi pentahelix yang menyadari potensi luar biasa sinergi telah mengembangkan sumber daya kreatif; sehingga lahirnya gerakan kreatif di kota Malang bukan semata inisiatif dari satu komponen saja.

Subsektor Game dan Aplikasi menjadi subsektor prioritas pada arah ekonomi kreatif di Kota Malang. Selain itu, subsektor kuliner dan subsektor film, video serta animasi juga menjadi subsektor unggulan yang dapat berkembang pesat di Kota Malang. (Ts)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *