Wawali Kota Malang Hadiri Rakernas Kemendag Tahun 2019

Tangerang, Selasa (12/3) Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menghadiri Rapat Kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2019 yang dibuka langsung oleh ‎Presiden RI Joko Widodo di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD). Rakernas ini dihadiri lebih dari 5.000 peserta yang terdiri Bupati/Walikota dan Kepala Dinas yang membidangi Perdagangan Kabupaten/Kota sebagai instansi yang melakukan pembinaan pasar, serta pengelola pasar dari pasar-pasar di seluruh Indonesia khususnya pasar yang telah direvitalisasi.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa di tengah ekonomi global sedang tidak baik, pada tahun 2018, ekonomi Indonesia masih tumbuh. “Kita wajib bersyukur, Alhamdulillah bahwa ‎2018 ekonomi kita masih tumbuh 5,17 persen. Ini patut kita syukuri. Banyak negara yang tidak bisa pertahankan growth sehingga banyak yang terjun ke bawah 1-1,5 persen” ucapnya.

Presiden RI Joko Widodo meminta Kementerian Perdagangan dan Pemerintah Daerah untuk membangun ekosistem offline dan online sehingga pasar rakyat bisa bersaing di era digital saat ini. Caranya dengan membantu memperbaiki kemasan produk yang ada di pasar rakyat, yang berasal dari pengrajin, nelayan, atau petani. “Perbaiki packaging-nya, branding-nya. Dibantu juga menyiapkan marketplace, menyiapkan platform, agar juga pasar rakyat juga bisa berjualan online,” ujar Jokowi sapaan akrab Presiden RI.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan bahwa pihaknya tetap berkomitmen dalam melakukan revitalisasi serta pembangunan pasar-pasar tradisional di seluruh provinsi Indonesia. Sampai 2018, jumlah pasar tradisional yang telah terbangun mencapai 4.211 unit dan bakal dituntaskan lagi sisa sebanyak 1.307 unit pada tahun 2019 ini.

“Bukan hanya membangun pasar secara fisik, kami juga memberikan pelatihan manajemen dan tata kelola pasar. Selama periode tersebut, terdapat kenaikan omzet yang tertinggi adalah 400 persen, 200 persen, sehingga kalo kita rata-rata mencapai 24 persen kenaikan volume transaksi pada pasar tradisional yang telah direvitalisasi” punggas Enggar sapaan akrab Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Kemendag membuktikan komitmennya dengan peresmian secara simbolis diwakili Pasar Rakyat Serikat C Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar; Pasar Rakyat Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur; dan Pasar Rakyat Sagalaherang, Kabupaten Subang; oleh Presiden RI Joko WIdodo.(EM)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment