Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Pemkot Malang Berupaya Pertahankan Kota Sehat

Malang – Pemerintah Kota Malang terus berupaya mempertahankan predikat kota sehat di Indonesia pada tahun ini. Seperti diketahui, Kota Malang sudah berhasil mempertahankan gelar “Swati Saba Wisatara” yakni gelar tertinggi di bidang kesehatan selama 4 tahun terakhir.

Salah satu upaya dalam rangka mempertahankan prestasi itu adalah dengan menggelar Lomba Kelembagaan Forum Kecamatan Sehat dan Pokja Kelurahan Sehat tahun 2019 yang nantinya diikuti oleh 57 kelurahan se Kota Malang.

Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan, kegiatan ini sangat positif dalam upaya mempertahankan prestasi baik yang sudah berhasil ditorehkan selama ini.

“Kami sangat mendukung adanya lomba ini dan kedepan bisa membawa Malang tetap pada predikat sebagai kota sehat,” kata Wali Kota Malang.

Salah satu indikator lomba pokja sehat, yakni adanya fasilitasi oleh lurah, administrasi terkait dengan program sanitasi khususnya target Open Defection Free (ODF) atau terbebas dari buang air besar tidak di jamban.

“Memang indikator kota sehat adalah ODF 100 persen di semua kelurahan,” tutur Sutiaji.

Dikatakan salah satu upaya agar target ODF 100 persen di seluruh kelurahan se Kota Malang adalah dengan mengubah perilaku buang air besar sembarangan non jamban yang masih di lakukan masyarakat di beberapa titik. Sehingga, perlu adanya sosialisasi dan memberikan pemahaman terkait hal tersebut.

“Dengan adanya lomba ini diharapkan bisa memenuhi target 100 persen ODF sehingga kita bisa merebut kembali predikat kota sehat,” tandasnya.

Sementara itu,  Salah satu panitia yang juga anggota Tim Kota Sehat, Syamsul, menegaskan pula jika latar belakang verifikasi adalah dalam rangka mempertahankan predikat Kota Malang sebagai kota sehat

“Karena untuk mempertahankan swastisaba wistara yg ke 4 kali nya indikatornya harus lolos ODF 100 persen di semua kelurahan,” kata Syamsul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *