Wali Kota Malang Hadiri HUT Dasawarsa Jaringan Kota Pusaka Indonesia

Malang – Kota Malang turut andil dalam HUT Dasawarsa Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang digelar di Kota Surakarta pada 24 Oktober sampai 26 Oktober 2018.

Wali Kota Malang, Sutiaji, dan beberapa rombongan turut meramaikan gelaran JKPI tersebut. Bahkan, dalam rangkaian acara itu, Kota Malang mendapat penghargaan untuk mengisi masterclass tentang kota pusaka di hadapan peserta.

Rangkaian HUT Dasawarsa JKPI ini diramaikan oleh beberapa even mulai dari gelar budaya, pawai budaya, simposium, karnaval budaya, pameran UMKM, city tour hingga kongress. Kota Malang menampilkan salah satu maestro seni payung kertas yakni Mbah Rasimun beserta karyanya dalam rangkaian gelaran tersebut.

Wali Kota Malang, Sutiaji, beserta Ketua TP PKK, Widayati Sutiaji, berkesempatan mengunjungi stan pameran Mbah Rasimun. Ia mengapresiasi hasil karya Mbah Rasimun yang kini sudah banyak diminati oleh masyarakat luar negeri.

“Mbah Rasimun ini adalah maestro seni payung kertas, dimana beliau konsisten dalam membuat karya-karyanya,” kata Sutiaji.

Terkait Malang yang masuk sebagai kota pusaka, Sutiaji mengatakan, jika hal ini adalah modal untuk meningkatkan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata pusaka.

“Tentu hal ini harus kita optimalkan kedepan karena merupakan sarana Pemkot Malang untuk meningkatkan sektor pariwisata,” kata Sutiaji.

Dijelaskan upaya mendayagunakan kekayaan aset pusaka sebagai aset kekayaan tertinggi terus dilakukan melalui berbagai upaya. Salah satunya adalah berkomitmen dalam melindungi kekayaan pusaka alam, budaya, dan saujana yang dimiliki.

“Pemkot Malang berharap dengan adanya gelaran ini mampu bermanfaat dalam upaya membangun kota secara berkelanjutan berbasis pusaka,” tukasnya.

Acara HUT Dasawarsa JKPI, dibuka dengan Gala Dinner yang bertempat di Pendhopo Gedhe Balai Kota Surakarta dan dihadiri oleh para Kepala Daerah dari kota/kabupaten yang menjadi anggota JKPI pada Rabu (24/10) malam.

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para kepala daerah anggota JKPI se Indonesia. Ia menambahkan, awalnya anggota JKPI hanya sekitar 11 kota/kabupaten, akan tetapi saat ini terus bertambah hingga mencapai 64 daerah dan jumlah itu akan bertambah lagi.

“Saya selaku tuan rumah mengucapkan selamat datang kepada kepala daerah, acara ini tujuannya tak lain adalah melestarikan pusaka dan budaya kita serta menghadirkan kembali ke masyarakat,” ujar FX Hadi Rudyatmo. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment