Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Cuaca Buruk, Sejumlah Kawasan Terdampak Bencana

Malang – Cuaca buruk disertai hujan deras masih melanda Kota Malang beberapa hari ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, melaporkan sejumlah bencana yang terjadi pada Kamis (19/1) dan Jumat (20/1) akibat hujan deras disertai angin.

Pada Kamis (19/1) satu pohon di kawasan Jalan Raden Intan, Kecamatan Blimbing dikabarkan tumbang dan menimpa salah satu warung dan kabel listrik di kawasan itu. Laporan tim BPBD, pohon setinggi kurang lebih 7 meter itu tak kuasa menahan derasnya hujan dan angin sehingga tumbang.

“BPBD sudah menugaskan personel TRC untuk melakukan assesment terkait kerusakan, kerugian dam sumber daya yang terdampak di lokasi kejadian,” kata Kepala BPBD, J. Hartono.

Lantaran pohon menimpa kabel listrik dan berdampak pada kebutuhan aliran listrik di sekitar menjadi terganggu, BPBD seketika itu juga langsung menghubungi dan berkoordinasi pihak PLN untuk melakukan penanganan.

Di hari yang sama, dilaporkan juga adanya plengsengan ambrol di rumah Bapak Mesdi, Jalan Klayatan Gang I RT 01, RW 12. Longsor terjaei akibat intensitas hujan yang melanda, sehingga plengsengan tidak kuat dan ambrol. Sebanyak tujuh orang mengungsi dan akses jalan terganggu akibat longsor itu.

“TRC juga sudah kita turunkan dan kami juga berkoordinasi dengan Ketua RT setempat dan menutup akses jalan sementara,” tukasnya.

Terbaru, tanah longsor terjadi di kawasan Oro-Oro Dowo atau belakang SMP Muhammadiyah pada Jumat (20/1) pukul 04.00 WIB. Tanah longsor menimpa salah satu rumah warga sehingga menyebabkan satu unit mesin cuci milik warga terjatuh dan rusak.

Hartono mengimbau kepada masyarakat Kota Malang untuk terus waspada pada saat kondisi cuaca ekstrim disertai hujan dan angin kencang. “BPBD mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan waspada akan datangnya bencana. Laporkan kepada tim BPBD jika terjadi bencana dan kami siap menerjunkan tim ke lokasi seketika itu juga,” pesan Hartono.(Sa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *