Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Intensitas Hujan Tinggi, Tembok Jalan Kampung Ambrol

Malang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang terus mengimbau agar masyarakat tetap waspada akan terjadinya bencana, utamanya pada kondisi cuaca buruk seperti saat ini.

Seperti dilakporkan Tim BPBD, dinding penahan jalan kampung di kawasan Gang Pulau Galang RT 14 RW 01, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, ambruk dikarenakan tak kuat menahan air akibat intensitas hujan yang tinggi pada Rabu (15/11) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kepala BPBD Kota Malang, Hartono, mengatakan, berdasarkan laporan yang masuk, kejadian bermula pada saat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kawasan tersebut para pukul 14.00 WIB. Hal itu menyebabkan tembok antara selokan dan pembatas jalan kampung di Gang Pulau Galang ambrol karena tak kuat menahan air.

“Tembok yang ambrol panjangbya kurang lebih 15 meter dan tinggi 2 meter,” kata Hartono.

Beruntung kejadian itu tidak menyebabkan korban jiwa ataupu luka-luka, namun akibat tembok ambrol itu saat ini saluran air di selokan tersumbat material karena reruntuhan sehingga membuat akses jalan ditutup sementara waktu.

“Sementara waktu akses jalan ditutup karena khwatir ambrol lebih parah,” tandasnya.

Akibat kejadian tersebut BPBD telah melakukan sejumlah tindakan antara lain menerjunkan Tim TRC dan KC untuk penanganan dan assesment dilokasi kejadian, pembersihan material yang menghambat saluran air dan memasang garis pembatas.

“BPBD mengimbau kepada masyarakat di sekitar lokasi kejadian untuk tetap berhati-hati terhadap potensi ancaman bencana yang ada disekitar tempat tinggalnya, apalagi sekarang sudah memasuki musim penghujan dengan curah hujan yang tinggi,” pesan Hartono. (Sa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *