Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Walikota Malang Hadiri Apel Hari Santri 2017

Malang – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2017, Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Kota Malang menggelar Apel Hari Santri Nasional di Halaman Kantor PCNU Kota Malang pada hari Minggu (22/10).

Bertindak sebagai Irup adalah Walikota Malang, H. Moch Anton dengan di dampingi oleh Ketua PCNU Kota Malang, KH. Dr. Isroqun Najah, dan Rais Syuriah, KH. Chamzawi.

Dalam amanat nya, Walikota Malang yang kerap disapa Abah Anton itu menyampaikan bahwa apel hari santri ini dapat kita jadikan sebagai sebuah moment bagi para santri untuk mulai membangkitkan keteladanan dan melanjutkan misi laskar ulama-santri pendahulu dengan mengambil peran aktif dalam membangun negara, bangsa dan daerah sekaligus membentuk karakter bangsa bagi generasi di masa mendatang.

“Untuk itu, saya berharap, para santri hendaknya mengembangkan dirinya agar tidak saja memiliki ketangguhan jiwa yang berdasarkan nilai-nilai keislaman, budi pekerti yang mulia, tetapi juga memiliki berbagai disiplin ilmu ketrampilan lainnya; sebab globalisasi dan modernisasi tidak mungkin kita dihindari” jelas Abah.

Salah satu langkah yang bijaknya, lanjut Abah Anton, adalah mempersiapkan diri agar tidak kalah dalam persaingan, para santri juga harus memiliki kemampuan intelektual yang tinggi dan akses pengetahuan, informasi serta alih teknologi yang memadai, responsif terhadap perkembangan dan perubahan, serta mampu menempatkan dirinya sebagai katalisator, motivator, dan inovator, yang kesemuanya itu, bertujuan agar kehidupan masyarakat berada dalam kondisi yang berimbang serta selaras antara aspek materiil / jasmani dan immateriil / rohani, sehingga mampu mendukung suksesnya pembangunan disegala bidang kehidupan.

Abah Anton juga berpesan agar para santri dapat menjalankan 3 tugasnya yaitu Memerangi terorisme, radikalisme dan ekstremisme yg bertentangan dgn pancasila dan NKRI; Memerangi kebodohan, ketertinggalan dan kemiskinan serta Menguatkan persatuan dan kesatuan agar terhindar dari perpecahan. (Ts)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *