Studi Banding Pemerintah Kota Cimahi

Malang – (29/9) Pemerintah Kota Malang menerima kunjungan studi banding Pemerintah Kota Cimahi yang bertempat di Ruang Staf Ahli Balaikota Malang. Kunjungan kerja tersebut diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Sekretaris Daerah Kota Malang, Drs. Abdul Malik, M.Pd.

Rombongan tamu yang berjumlah 30 orang dipimpin oleh Sri Nurul Handayani, Asisten Administrasi Umum Kota Cimahi.

Abdul Malik dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu wujud dari prinsip-prinsip tata kepemerintahan yang baik adalah pemberian pelayanan prima kepada publik. Untuk itu, Pemerintah Kota Malang mengembangkan satu sistem yang integratif, efektif dan efisien dalam hal pelayanan publik, dengan membangun ‘office block’ yang berada di kawasan timur kota Malang.

Disektor pariwisata, Kota Malang menunjang kegiatan wisata di Malang raya. Seperti hotel, rumah makan, jasa traveling dan pusat perbelanjaan. Selain wisata belanja, Kota Malang juga mengembangkan wisata event seperti festival lampion, pawai bunga, festival tari tradisional, dan wisata nostalgia. Pemerintah Kota Malang juga telah mengembangkan kampung tematik seperti kampung warna-warni, kampung 3D (Tridi), dan kampung 3G (Glintung Go Green).

Sementara itu, pembangunan yang berwawasan lingkungan juga dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang. “Hal ini lah yang diharapkan dapat menjadi destinasi wisata kreatif baru yang dapat mendukung pengembangan wisata di Kota Malang sekaligus mampu menjadi penguat branding city Kota Malang yakni Beautiful Malang” pungkas Malik.

Sedangkan dari pihak rombongan tamu, Sri Nurul mengucapkan banyak terimakasih karena telah diterima dengan baik oleh Pemerintah Kota Malang.

Beliau menyampaikan bahwa Kota Cimahi semakin padat penduduk dari tahun ke tahun, untuk saat ini terdapat kurang lebih 600 jiwa orang. Di Cimahi sebanyak 300 industri telah dibangun, sehingga membuat banyak pendatang bekerja di industri, untuk PNS sekitar 5000 orang dan 6 kampus terletak di Kota Cimahi. Untuk keberhasilannya Kota Cimahi telah 5 kali mendapatkan piala Adipura.

“Maksud dan tujuan saya ingin mengajak teman-teman ke Kota Malang karena terkait dengan masalah lingkungan juga dan karena saya tertarik dengan kampung Glintung ketika kemarin dijelaskan di APEKSI 2017” Ujarnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan dialog interaktif dan tukar menukar cinderamata. (Ed)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment