Sutiaji Beri arahan di Rakor Kepala SMA/SMK se Malang Raya

Malang – Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, berharap agar standar mutu pendidikan tingkat SMA/SMK bisa lebih ditingkatkan pada masa mendatang. 

Hal itu disampaikan saat memberi sambutan dan arahan pada acara “Rapat Koordinasi Kepala SMA/SMK se Malang Raya,” di Ruang Arjuno, Gedung Bakorwil, pada Rabu (10/5).

Sutiaji berharap di bawah koordinasi dan pengawasan Dinas Pendidikan Jawa Timur, terdapat sinergitas yang baik dalam bidang pendidikan tingkat SMA/SMK, khususnya di wilayah Malang Raya. 

“Sinergitas ini penting untuk meningkatkan mutu pendidikan dan juga pemerataan kualitas pendidikan khususnya di Malang Raya,” ungkapnya. 

Wawali juga memberikan arahan pentingnya pemahaman akan dunia pendidikan kepada para orang tua,  sehingga kedepan tidak ada lagi kriminalisasi guru atau kriminalisasi sekolah. 

“Kalau ada masa orientasi siswa,  kedepan bisa ada orientasi bagi orang tua agar mengenal dunia pendidikan dan bagaimana guru mendidik di sekolah,” ujarnya. 

Menyinggung Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Wawali Sutiaji juga menekankan agar lebih jeli dalam hal siswa masuk melalui jalur prestasi. Sebab, selama ini terdapat standar ganda akan maksud jalur prestasi, sehingga menimbulkan permasalahan bagi orang tua siswa. 

“Perlu ada solusi atau standarisi untuk jalur prestasi, sehingga tidak timbul standar ganda, ” imbuhnya. 

Selain itu, diharapkan pula berbagai hal yang sudah dijalankan Dinas Pendidikan Kota Malang seperti rayonisasi dan kuota 5 persen untuk siswa dari luar kota, bisa dipertahankan oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur, sehingga mekanisme yang sudah berjalan tidak lagi diubah. 

“Saya harap tradisi yang sudah berjalan di Kota Malang bisa dilanjutkan,” ungkapnya. 

Usai memberikan arahan, Sutiaji menggelar dialog dengan para Kepala SMA dan SMK terkait beberapa hal yang berkaitan dengan implementasi di lapangan.(Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment