Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Wawali Hadiri Talk Show “Pola Pembinaan Dalam Pendidikan Formal oleh Pemkot Malang”

Malang – Bertempat di Aula Makota Polres Malang Kota pada hari Rabu (10/5) telah dilaksanakan Talk Show “Pola Pembinaan Dalam Pendidikan Formal oleh Pemkot Malang”. Acara tersebut digelar dalam rangka menyamakan persepsi dan mencari solusi terhadap kasus dugaan penyetruman siswa yang dilakukan Kepala Sekolah SDN Lowokwaru 3 Kota Malang beberapa waktu yang lalu.

Hadir pada acara tersebut adalah Wakil Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, Kapolresta Malang Kota, Hoiruddin Hasibuan dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah.

Pada acara tersebut, Sutiaji menyampaikan bahwa paradigma pendidikan saat ini tidak bisa disamakan dengan paradigma pendidikan masa lalu. Anak itu ibarat tanaman yang memiliki berbagai potensi; sementara itu, guru sebagai tenaga pendidik hanya berperan sebagai media dan fasilitator yang akan membimbing mereka. “Kota Malang merupakan kota yang memiliki predikat sebagai kota layak anak, sehingga saya berkeyakinan bahwa anak akan tetap mendapatkan hak nya dan menjadi prioritas dalam segala pembangunan yang ada.

“Terkait kasus tersebut, dari awal saya sudah langsung menyatakan bahwa itu adalah suatu pelanggaran; bukan saja pelanggaran berupa kekerasan secara fisik namun juga kekerasan psikologis; dimana anak yang hanya dengan mendengar kata listrik atau setrum saja, akan memiliki tingkat traumatis yang cukup tinggi” jelas Sutiaji.

“Setelah ini, saya juga berharap agar orang tua murid turut memantau segala aktivitas pembelajaran di sekolah, utamanya juga terkait media apa saja yang digunakan untik belajar; hal tersebut diharapkan dapat dipantau sejak proses penerimaan siswa baru” tandasnya lagi.

Besar harapan saya, lanjut Sutiaji, agar kasus ini dapat segera diselesaikan secara baik-baik dengan tetap menggunakan kearifan lokal yang dimiliki Kota Malang. (Ts)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *