Pemprov Sulteng Lakukan Kunjungan Studi Keterbukaan Layanan Publik ke Pemkot Malang

Malang ̶ Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengadakan kunjungan studi ke Pemerintah Kota Malang pada Rabu, (21/12) bertempat di Ruang Rapat I, Balaikota Malang. Kunjungan ini diterima langsung oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, dr. Supranoto, M.Kes, dan didampingi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang. Sedangkan rombongan tamu dipimpin oleh Staf Biro Humas dan Protokol, Adiman Raja.

Dalam sambutan Walikota yang dibacakan oleh Supranoto menyampaikan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran rombongan tamu Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sulteng dan atas terselenggaranya kegiatan ini.

Supranoto manyampaikan bahwa informasi merupakan kebutuhan pokok bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosial serta bagian penting bagi ketahanan sosial. Hak untuk memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan hak keterbukaan informasi publik yang merupakan salah satu ciri penting negara demokrastis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujdkan penyelenggaraan negara yang baik.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 117 Tahun 2010 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi dimana salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi.

Terkait hal tersebut, PPID Kota Malang yang berada di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informasi telah menetapkan standar layanan informasi dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik dengan menyediakan sarana, prasarana, dan fasilitas berupa layanan akses internet gratis, petugas pelaksana layanan informasi, instrumen transaksi, produk pelayanan, serta menetapkan waktu layanan informasi.

“Kota Malang telah memperoleh penghargaan sebagai Badan Publik dengan Meja Layanan Informasi Terbaik, Kota Terbaik se-Jawa Timur Tahun 2015 dan Peringkat II PPID Terbaik Kategori Kota se-Jawa Timur Tahun 2015 pada ajang PPID Award 2015.” imbuhnya.

Berkaitan dengan prestasi dan pengahargaan tersebutlah maka, Pemerintah Kota Malang terus berkomitmen mengoptimalkan berbagai kinerja, terutama hal yang berkaitan dengan pelayanan serta penerapan teknologi informasi terbaru sehingga mampu memberikan pelayanan publik yang terbaik demi mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Disisi lain, Adiman Raja menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Kota Malang yang telah menerima kunjungan studi Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sulteng.

Adiman mengungkapkan maksud dan tujuan dari adanya kunjungan ini adalah untuk mempelajari bagaimana menyampaikan informasi yang baik kepada masyarakat.

“Sesuai dengan informasi yang didengar oleh Pemerintah Sulawesi Tengah bahwa Pemerintah Kota Malang telah memiliki prestasi khususnya PPID Award yang terakses di internet. Sehingga kami memutuskan bahwa Kota Malang inilah tempat untuk kunjungan studi kami.”

Melalui kunjungan studi ini, Ardiman berharap Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terutama Biro Humas dan Protokol dapat mendapatkan ilmu yang dapat dimanfaatkan untuk dapat memberikan keterbukaan layanan informasi publik yang baik bagi masyarakat. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tukar menukar cinderamata. (Lr)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment