Kota Malang Raih Penghargaan Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Jakarta- Pemerintah Kota Malang kembali mendapat penghargaan tingkat nasional setelah siang tadi menerima penghargaan Regional Marketeers Award 2016. Kali ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan penghargaan sehubungan dengan telah ditetapkannya Kota Malang sebagai pemenang penghargaan PUPR Tahun 2016 untuk kategori Kota Wilayah tengah. Pada tahun 2016 ini mengusung tema Keterpaduan Pembangunan Infarstruktur PUPR. Penilaian dilaksanakan secara bertahap. Dimulai dengan penyusunan “longlist” Provinsi/Kabupaten/Kota yang dianggap memiliki kinerja yang baik, kemudian dilakukan pengumpulan data dan informasi dari daerah/kota untuk menyusun shortlist, kemudian penetapan usulan calon pemenang dan kemudian penetapan pemenang.

Penghargaan yang sangat membanggakan itu diterima langsung Wakil Walikota Malang, H. Sutiaji, di Jakarta, kamis (8/12) malam yang diberikan oleh Sekjen Kementrian PUPR Prof.Anita Firmanti serta disaksikan langsung undangan di Auditorium Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Jalan Pattimura no 20 Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Kriteria penilaian penghargaan ini meliputi pencapaian sasaran 100-0-100 yaitu air minum, kumuh dan sanitasi. Komponen penilaian secara garis besar dapat dikelompokkan ke dalam 4 kelompok yang terdiri dari perencanaan dan pengaturan, pelaksanaan, pengelolaan dan pemeliharaan asset, capaian terhadap target pembangunan serta manfaat. Pengelompokkan ini menjadi dasar bagi penilaian bidang Cipta Karya, SDA, Bina Marga , Penyediaan Perumahan dan Jasa Konstruksi.

Wakil Walikota Malang, H. Sutiaji, sangat mengapresiasi positif prestasi yang diraih Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, karena hal itu menunjukkan komitmen Pemkot Malang dalam pelayanan publik. “Hasil akhir yang diharapkan dari tema keterpaduan pembangunan infrastruktur adalah tercapainya efiensi dan efektifitas pembangunan serta pembangunan yang lebih bermanfaat untuk masyarakat dan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi di Kota Malang,” tutur Sutiaji

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan (PUPPB), Dr. Ir. Drs. Djarot Edy Sulistyono, MSi., mengatakan, keberhasilan dalam Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini tak lepas dari inovasi yang terus dilakukan. “Tentunya prestasi demi prestasi yang kami torehkan ini bentuk dari keseriusan Pemkot dalam melayani publik,” kata Djarot.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Erik Setyo Santoso, ST. MT., mengatakan permasalahan sampah di Kota Malang bergantung pada pertambahan jumlah penduduk otomatis akan menambah jumlah volume sampah yang ada. Berbagai daya upaya dan program seperti pengembangan TPA Supit Urang menjadi fokus masa mendatang. “Alhamdulilah penghargaan PUPR 2016 kategori kota ini, membuat Kota Malang semakin diakui kemajuan dan capaian dalam sinergitas pembangunan infrastruktur,” pungkas Erik.(EM)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment