HelloFest : Nonton 100 Konten Kreatif ala Movie Concert

hellofest2Kota Malang dapat dikatakan sebagai salah satu kota kreatif yang sudah banyak menghasilkan kreasi konten digital seperti desain grafis, animasi hingga games. HelloFest sebuah event yang bertujuan mengangkat konten visual kreatif Indonesia akan melaksanakan kegiatannya di kota Malang pada hari minggu 3 April 2016 di Gedung Cakrawala. HelloFest yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2004, dan 5 wilayah paling produktif dalam mengirimkan karya animasi dan video pendek ke HelloFest salah satunya adalah para kreator dari Malang.

Diselenggarakannya HelloFest dan beragam ajang kreatif di Malang pada rangkaian acara ICCC 30 Maret – 5 April 2016 diharapkan akan menciptakan buzz dan publikasi dari netizen, media nasional hingga internasional yang bertujuan untuk mempromosikan Kota Malang sebagai salah satu destinasi pariwisata kota kreatif dengan produk unggulan berupa konten digital seperti desain grafis, video, games hingga animasi.

Konsep acara HelloFest Malang Raya adalah penayangan film pendek dan animasi kreasi dari kreator Indonesia yang pernah berpartisipasi di kompetisi HelloFest sejak tahun 2004. Mengusung konsep “movie concert”, menyaksikan film dengan suasana seperti menonton konser musik, penuh keriuhan. Layar besar dan kapasitas gedung lebih dari 3000 orang adalah syarat mutlak dari setiap kegiatan HelloFest.

Masyarakat Malang akan menyaksikan beragam film pendek dan animasi yang berkualitas dan inspiratif. Alasan utama mengusung kreasi video durasi pendek adalah banyaknya ide – ide segar yang bermunculan baik dari segi penyampaian cerita, teknik sinematografi hingga eksplorasi tema. Banyak filmmaker lahir, berawal dari eksperimennya dalam mengerjakan film pendek. Salah satunya adalah sutradara muda peraih piala Citra, Angga Dwi Sasongko yang pernah ikut berpartisipasi di kompetisi HelloFest.

Beragam presentasi kreatif juga disajikan di HelloFest Malang Raya. Seperti tamu dari platform video online asal Singapura, Viddsee.com akan memaparkan tentang perkembangan film pendek dan animasi di kawasan Asia. Selain itu, Youtube artist, Eka Gustiwana yang mahir dalam viral speech composingnya akan berbagi tentang kisah suksesnya dalam berkarier lewat beragam kreasi video pendeknya.

Kreator asal Jawa Timur seperti Bayu Skak dengan subscribers di Youtube hampir mencapai 500.000 dan Wiryadi Dharmawan, kreator animasi serial Trio Hantu Cs, yang kerap membahas beragam hantu nusantara dalam bentuk kartun akan ia presentasikan. Koleksi menarik dari Festival Film Malang juga akan mewarnai event ini. Band indie legendaris asal Malang, Tani Maju akan bermusik dengan iringan visual multimedia.

Aksi panggung dari KostuMasa, sebutan untuk pengunjung yang gemar menggunakan kostum karakter imajinatif tidak kalah menariknya untuk disaksikan. Beberapa tim dari Jakarta dan Malang akan tampil dengan pakaian esentrik bertema karakter Indonesia dengan adegan penuh kejutan.

Puncak acara HelloFest Malang Raya akan dibuka oleh perwakilan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Perwakilan dari ICCN dan Pemkot Malang. Selain ini pemutaran dan pengumuman pemenang Lomba Video 1 Menit #KotaKreatifku juga akan dilaksanakan dengan hadiah total 30 Juta Rupiah. Dimana kita dapat menyaksikan bagaimana generasi millenial merekam kota kreatifnya masing – masing dari sudut pandang yang beragam.

Harapan lain dari terselenggarakannya acara ini adalah dapat memberi inspirasi bagi bibit baru kreator lokal untuk terus produktif menciptakan karya – karya segar, sehingga negara ini tidak dikenal hanya karena keindahan alam dan budaya tradisionalnya saja, namun karya konten digital juga dapat menjadi duta memperkenalkan Indonesia.

Judul Acara : HelloFest Malang Raya
Tagline : Nonton 100 Konten Kreatif ala Movie Concert
Jadwal : Minggu 3 April 2016, Jam 10.00 – 21.00 WIB
Lokasi : Graha Cakrawala, Malang
Jenis Kegiatan : Pemutaran Film Pendek, Presentasi Kreatif, Seremoni, Eksibisi

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment