RAPAT KERJA DAERAH USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) TAHUN 2015

1Lingkungan sekolah yang tidak steril dari gangguan kesehatan seperti lingkungan yang tidak bersih, banyaknya jajanan tidak sehat dan perilaku anak-anak yang tidak menunjang kesehatan berpotensi memunculkan berbagai jenis penyakit menular. Oleh karena itu untuk mewujudkan sekolah sehat, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Malang, telah diadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) UKS Tahun 2015 pada Selasa 29 September 2015. Kegiatan ini dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari Dinas Pendidikan Kota Malang, Dinas Kesehatan Kota Malang, Departemen Agama, Departemen Dalam Negeri, Program Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan Tim Pelaksana UKS.

Ketua Panitia Drs. Dedi Hidayat menyampaikan tujuan diadakan Rakerda ini adalah meningkatkan kordinasi dan komunikasi Tim Pembina UKS Provinsi Jawa Timur, Tim Pembina UKS Kota Malang, dan Tim Pelaksana UKS di sekolah; meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Tim Pembina UKS; sosialiasi hasil Rakernas; menyusun program kerja tahun 2015; serta pembinaan dan pengembangan UKS Kota Malang.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Malang Drs. H. Sutiadji menyampaikan menjaga kesehatan dapat dimulai di lingkungan sekolah, bukan hanya pada perbaikan kondisi fisik sekolah, namun lebih menekan kepada perubahan perilaku warga sekolah untuk mendukung program UKS. Program UKS menjadi penting diselenggarakan karena program tersebut memuat kegiatan-kegiatan pendidikan tentang kesehatan. Berkaitan dengan hal itu, semoga melalui kegiatan ini dapat mewujudkan sasaran program UKS sekaligus menciptakan terobosan-terbosan baru agar UKS menjadi kebutuhan bersama. Selain itu, dengan adanya forum ini diharapkan pula dapat menghasilkan solusi terbaik, termasuk upaya-upaya yang layak dapat dilakukan untuk menciptakan masyarakat sekolah yang bugar dan lingkungan sekolah yang sehat. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Program UKS oleh Bapak Anton dari Tim Pembina UKS Provinsi Jawa Timur.

2

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment