PERSIAPAN IKM KOTA MALANG MENUJU MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

20150827_090659

Pada akhir tahun 2015 ini diharapkan IKM Kota Malang siap menghadapi sistem perdagangan pasar tunggal bebas MEA. Kamis, 27 Agustus 2015 bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang, telah diselenggarakan Sosialisasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan tema “Sinergi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Pengembangan IKM terhadap MEA”. Sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan dari Direktorat Jendral Industri Kecil dan Menengah; Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang; dan kurang lebih 30 peserta Industri Kecil Menengah (IKM).

Dalam sambutannya, Walikota Malang H. Moch. Anton menjelaskan bahwa upaya pemerintah Malang untuk menghadapi MEA adalah dengan mengadakan regulasi dan kebijakan untuk mendorong IKM tumbuh di sektor ekonomi Malang.  Agar masyarakat Malang semakin berinovasi, diharapkan para akademisi untuk bekerjasama dalam membuat produk unggulan. Selain pengembangan SDM, permodalan untuk para IKM juga diharapkan untuk peningkatan produk unggulannya. Upaya lain yang telah dilakukan pemerintah Kota Malang untuk mendorong berkembangnya IKM di kota Malang antara lain melaksanakan pameran produk dan kerjasama-kerjasama dengan berbagai sektor.

Acara Sosialisasi MEA ini menghadirkan narasumber dari Sesditjen IKM, Kemenperin yang menjelaskan tentang Peluang, Tantangan, dan Strategi Pengembangan IKM dalam menghadapi MEA; Direktur KII Wilayah II dan Regional, Ditjen KPAII menjelaskan tentang Posisi Daya Saing Industri Indonesia di Pasar ASEAN dan Strategi dalam Menghadapi MEA 2015; Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang menjelaskan tentang Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Menghadapi MEA; dan dari Universitas Brawijaya yang menyampikan Dukungan Akademisi dalam Pengembangan IKM Unggulan Daerah. Sosialisasi dilanjutkan dengan tanya jawab dengan narasumber sehingga acara ini sangat bermanfaat bagi IKM di Kota Malang.

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment