Dokumentasi

Pj. Walikota Malang : Seluruh Personel Siap Amankan Pemilu

Malang – Jelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 besok, Apel gelar pasukan pergeseran personel pengamanan TPS di Kota Malang diadakan di lapangan luar stadion Gajayana, Selasa (13/2). Sebanyak 5.325 personel diterjunkan dalam apel gelar pasukan yang nantinya akan mengamankan 2.452 TPS di seluruh Kota Malang.

Pj. Walikota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM hadir sebagai pemimpin apel pada kegiatan dimaksud. Didampingi Forkopimda Kota Malang, Wahyu Hidayat juga berkesempatan untuk melakukan pemeriksaan kesiapan pasukan personel pengamanan TPS di wilayah Kota Malang.

Menurut Pj. Walikota Malang, saat ini Kota Malang siap melaksanakan Pemilu. “Saya berharap seluruh petugas dapat menjaga kesehatan dan tetap semangat dalam menjalankan tugas selama masa pemilu mulai persiapan pada hari ini sampai dengan perhitungan suara esok hari; Petugas kesehatan dan fasilitas layanan kesehatan juga akan stand by 24 jam untuk mensupport jalannya pesta demokrasi ini” ujar Wahyu.

Pada kesempatan tersebut, Wahyu Hidayat memberikan 11 penekanan untuk seluruh petugas pengamanan demi lancarnya pesta demokrasi tersebut. Pesan penting tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pahami dan patuhi SOP pengamanan TPS yang telah ditetapkan
  2. Laksanakan tugas dengan tanggung penuh jawab, disiplin, dan kesigapan
  3. Lakukan patroli dan pengawasan di sekitar TPS untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan
  4. Junjung tinggi netralitas petugas keamanan
  5. Berikan pelayanan yang terbaik kepada semua pihak
  6. Jaga sinergitas koordinasi dan lakukan komunikasi yang efektif dengan seluruh pihak
  7. Segera laporkan kepada atasan jika menemukan situasi yang berpotensi mengganggu keamanan
  8. Tindak tegas segala bentuk pelanggaran dan gangguan sesuai dengan ketentuan yang berlaku; serta lakukan tindakan pencegahan dan antisipasi terhadap potensi kerusuhan dan intimidasi
  9. Berikan rasa aman dan nyaman kepada para pemilih dan petugas KPPS
  10. Bantu dan fasilitasi para pemilih yang membutuhkan bantuan, terutama penyandang disabilitas dan lansia
  11. Dan yang terpenting adalah jaga kesehatan

“Karena proses pemilu ini masih panjang, tidak hanya berhenti di pemungutan suara; namun juga sampai dengan perhitungan suara. Sejauh ini, saya yakin dan percaya, dengan pengalaman, profesionalisme, dan sinergitas yang dimiliki, aparat keamanan mampu mengamankan TPS dengan baik dan memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan sukses” ujar Wahyu.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa seluruh upaya yang telah kita lakukan merupakan bentuk kontribusi terbaik untuk kelancaran dan keamanan Pemilu 2024 di Kota Malang; karena kelancaran dan keamanan pemilu menjadi tanggung jawab kita bersama.

Sebagai informasi, apel tersebut diakhiri dengan pelepasan Patroli Gabungan Skala Besar oleh Pj. Walikota Malang beserta jajaran Forkopimda. (TS)

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *