Berita TerbaruDokumentasiHeadlineNovember 2023PenghargaanPj Walikota MalangWahyu Hidayat

Pj. Walikota Malang Raih Surya Award Kategori Penghargaan Daerah Dengan Angka Kemiskinan Terendah

Surabaya – Jerih payah Pemkot Malang dalam menekan angka kemiskinan mendapatkan apresiasi dari pihak swasta. PT. Antar Surya Media, perusahaan penerbit Harian Surya menganugerahkan peringkat kedua Surya Award untuk kategori penghargaan daerah dengan angka kemiskinan terendah kepada Kota Malang dalam puncak Anniversary ke-34 Harian Surya di Dyandra Convention Center Surabaya, Kamis (9/11/2023).

Penghargaan untuk Kota Malang tersebut diserahkan langsung oleh Tri Mulyono, Pimpinan Redaksi Tribun Jatim Network kepada Pj. Walikota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, M.M. Menurut Harian Surya, Pemerintah Kota Malang dianggap serius dalam menekan angka kemiskinan di Kota Malang.

“Terima kasih Surya atas apresiasinya, selama ini telah turut serta mensukseskan pembangunan di Kota Malang dengan terus menjadi mitra kami dengan membantu menyampaikan ke masyarakat luas mengenai program dan kebijakan yang telah kami lakukan,” ungkap Pj. Walikota Malang usai menerima penghargaan.

Lebih lanjut, Wahyu Hidayat menekankan bahwa penghargaan yang telah diterima ini diharapkan mampu menjadi cambuk bagi seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Malang untuk terus serius dalam penanganan kemiskinan. “Saya berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi kita bersama untuk meningkatkan kinerja utamanya dalam penanganan kemiskinan di Kota Malang” tuturnya.

Terlebih, penanganan kemiskinan ekstrim menjadi salah satu poin penting yang di amanahkan kepada Wahyu Hidayat dalam mengemban jabatannya sebagai Pj. Walikota Malang.

Sebagai informasi, berdasarkan data resmi dari BPS Kota Malang, jumlah penduduk miskin (penduduk dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan / GK) di Kota Malang pada bulan Maret 2023 mencapai 37,78 ribu jiwa. Jumlah ini turun sebesar kurang lebih 780 jiwa, bila dibandingkan dengan kondisi di bulan Maret 2022 yang sebesar 38,56 ribu jiwa.

Presentase penduduk miskin di Kota Malang juga mengalami penurunan dari 4,37 persen pada bulan Maret 2022 menjadi sebesar 4,26 persen bulan Maret 2023.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Timur, Hj. Khofifah Indar Parawansa juga berkesempatan hadir menyaksikan penyerahan dan memberikan apresiasi atas penghargaan yang telah diraih oleh Kabupaten/Kota terpilih. (TS)

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Sekretariat Daerah Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *