Dokumentasi

Dongkrak PAD, Pemkot Malang Tambah Titik E-Parkir

Narasi 4 Memastikan kepuasan masyarakat atas layanan pemerintah yang tertib hukum, profesional dan akuntabel.

 

Malang – Sejak Januari 2021, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang telah mengoperasionalkan satu lokasi parkir khusus di kawasan halaman Stadion Gajayana sebelah barat dengan sistem E-Parkir. Dan sampai dengan tanggal 30 Desember 2021, telah menghasilkan retribusi parkir khusus sebesar Rp1.327.763.000,- jumlah ini melengkapi capaian pendapatan retribusi parkir khusus sebesar Rp2.021.775.000,- atau mencapai 112,32%. Capaian ini melampaui target pendapatan APBD 2021 di sektor tersebut sebesar Rp1,8 milyar.

Menengok capaian optimal dari E-Parkir di halaman Stadion Gajayana tersebut Walikota Sutiaji berharap agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang dari sektor perparkiran dapat terus dikuatkan dengan menambah sistem E-Parkir di sejumlah titik di Kota Malang.

“Ini menjadi bagian dari transparansi yang semakin hari semakin kita kuatkan. Salah satu diantaranya pemasangan e-parkir nanti akan ada penanbahan-penambahan lagi,” ujarnya Jumat (31/12/2021) saat meresmikan empat titik lokasi E-Parkir.

Empat lokasi E-Parkir baru tersebut diantaranya Halaman Gedung Kartini, halaman RSUD Kota Malang, halaman Perkantoran Terpadu Arjowinangun, dan area parkir sepeda motor di halaman Stadion Gajayana.

“Penambahan titik E-Parkir ini diharapkan akan memberikan kontribusi bagi PAD yang pada akhirnya akan berguna untuk pembangunan Kota Malang yang manfaatnya akan kembali ke masyarakat itu sendiri,” urai Walikota Sutiaji.

Selanjutnya, Walikota Sutiaji juga berkesempatan menyerahkan hadiah kepada tujuh orang pemenang undian layanan E-Parkir. Dijelaskan oleh Kepala Dishub Kota Malang, ini sebagai apresiasi kepada pelanggan tempat parkir khusus di halaman Stadion Gajayana, dengan hadiah masing-maisng berupa satu unit sepeda.

“Tahun 2022 direncanakan penerima hadiah ditambah menjadi 12 pelanggan parkie khusus elektronik, masing-masing satu sepeda angin. Setiap semester yang diundi di pertengahan bulan Juni dan Desember 2022” ujar Heru.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Sutiaji turut meresmikan satu unit bus wisata Malang City Tour (Macito) yang didesain dengan ornamen khas sejarah Malang. Bus wisata ini diluncurkan guna mendukung terwujudnya Kota Malang sebagai kota wisata.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso, Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji, serta jajaran kepala perangkat daerah terkait. Menutup kegiatan siang tersebut, nampak Walikota Sutiaji bersama rombongan menjajal bus wisata Macito untuk berkeliling kota. (sfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *