Headline

Walikota Sutiaji Launcing Pembayaran ZIS Berbasis Web Untuk Mudahkan Masyarakat

Malang – Dengan mengambil tema “Strategi & Inovasi Pengumpulan ZIS Pasca Pandemi dan Launcing Pembayaran ZIS Berbasis Web”; Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang menggelar Bimtek Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Hotel Regent Park Malang hari Selasa (23/11).

Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji hadir secara resmi membuka dan memberikan arahan pada kegiatan dimaksud. Pada kesempatan tersebut; Walikota Sutiaji juga melaunching pembayaran ZIS berbasis web.

Pak Aji (red. sapaan Walikota Malang) menekankan agar para UPZ dapat memanfaatkan semaksimal mungkin dalam mengumpulan ZIS melalui web. “Sosialisasikan hadirnya program pembayaran ZIS berbasis web tersebut; agar masyarakat semakin dimudahkan” ujarnya.

Saat ini, tambahnya, baru 20 persen dari potensi zakat kita yang dapat dikumpulkan; masih ada potensi ZIS lainnya yang dapat dihimpun UPZ dalam rangka membantu sesama.

Salah satu contohnya, Gerakan Seribu (Gerbu) yang selama ini kita jalankan memiliki kekuatan 350 juta per hari yang dapat dihimpun jika diambil dari seribu rupiah per KK. Tentu ini, membutuhkan komitmen dan kerja keras UPZ di masa mendatang, dengan demikian maka akan besar pula kekuatan kita untuk bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Sehingga peningkatan kualitas SDM UPZ memang harus menjadi perhatian Baznas Kota Malang; oleh karenanya bimtek ini penting dilaksanakan” tegasPak Aji.

Sejalan dengan hal tersebut, Ketua Baznas Kota Malang, Sulaiman dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan bimtek tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas SDM UPZ dalam pengelolaan ZIS serta sebagai strategi ekonomi pengumpulan ZIS berbasis IT dengan menggunakan website.

“Harapannya adalah pengumpulan dan pengelolaan ZIS dapat berjalan maksimal karena tidak saja dikumpulkan secara manual namun juga secara digital; masyarakat bisa langsung transfer ke rekening UPZ yang telah tersedia” tukasnya.

Dengan metode tersebut, lanjutnya, maka transparansi pengelolaan ZIS di Baznas Kota Malang dapat kita laksanakan bersama; tentu muaranya adalah untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat pada Baznas Kota Malang.(Ts)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *